Peristiwa

Kapal Tanjung Raya Dikabarkan Hilang Kontak setelah Berlayar 18 Km dari Balikpapan Menuju Mamuju

Illustrasi kapal hilang.

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kapal motor Tanjung Raya hilang kontak, Rabu 31 Maret 2021 pukul 21.00 Wita. Kapal dengan lima orang Anak Buah Kapal (ABK) itu berlayar ke Mamuju Sulawesi Barat dari Balikpapan. Tepatnya dari perairan Kampung Baru usai melakukan bongkar muat.

“Nah sekitar jarak 18 kilometer lepas Balikpapan itu kapal sudah hilang kontak,” jelas Iwan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan saat dikonfirmasi Kotaku.co.id, Kamis (1/4/2021).

Rosda yang merupakan Istri dari salah seorang ABK bernama Burhanudin alias Bagong, menjelaskan berkomunikasi dengan suaminya melalui saluran telepon. Saat itu Bagong mengatakan bahwa kapalnya sedang mengalami kerusakan pada mesin. Tak lama kemudian Rosda kehilangan kontak dengan suaminya.

“Iya Pak, saya sempat telponan sama suami saya, katanya ini kapalnya ada gangguan mesin. Nah nggak lama itu sudah nggak bisa dihubungi,” jelas Rosda kepada Iwan.

Berdasarkan laporan tersebut, Tim SAR BPBD bersama Satpolair Polresta Balikpapan langsung melakukan pencarian keberadaan kapal setelah berkoordinasi dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan. Hingga kini kapal tersebut belum diketahui keberadaannya.

Sementara Kasi Operasi Kantor Pencarian & Pertolongan Kelas A Balikpapan (Basarnas Kaltim) Oktavianto melalui telewicara mengatakan bahwa saat ini belum ada kepastian kapal hilang atau tidak dikarenakan belum ada saksi dan hanya pelaporan.

“Kami dari tim operasi masih menunggu apakah kapal itu hilang atau tidak karena informasi serta perjalanan juga baru beberapa jam dan juga belum ada saksi, jadi kami masih pantau,” ucapnya.

Dijelaskanya, jika ada kapal lain yang melihat atau ada saksi maka Basarnas Balikpapan akan langsung aksi operasi. “Kami juga dari tadi siang juga sambil cari informasi terkait itu, infonya juga baru,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top