Hukum

Residivis Spesialis Pencuri HP Dibekuk Satreskrim Polresta Balikpapan

hamas Ramadhan
AKBP Sebril Sesa memperlihatkan puluhan HP hasil jarahan pelaku (foto: kotaku.co.id/soleh)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Satreskrim Polresta Balikpapan berhasil mengungkap kasus pencurian Handphone (HP) yang dilakukan RS (25) warga Jalan Jendral Sudirman, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota. Puluhan HP dari berbagai merek turut diamankan kepolisian Selasa 1 April 2021 lalu.

Wakapolres Balikpapan AKBP Sepbril Sesa menjelaskan awal mula pengungkapan yakni pelaku menawarkan HP dengan harga yang tidak masuk akal kepada rekannya. Rekannya yang merasa tidak yakin langsung melapor ke Satreskrim Polresta Balikpapan untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Hasilnya, didapati 10 unit HP dari tangan pelaku lalu dilakukan pengembangan,” ucapnya menggelar press conference, Senin (5/4/2021).

Dijelaskanya, RS melakukan aksi pencurian di berbagai tempat. Salah satunya toko HP di Jalan Piere Tendean, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota. Modus operandinya, RS memanfaatkan situasi. Seperti memanfaatkan petugas keamanan toko yang tengah tertidur saat berjaga. Hasil jarahannya dijual mulai harga Rp500 ribuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Hampir rata-rata kasus pencurian HP dilakukan saat orang sedang istirahat, baik itu siang hari maupun malam hari,” bebernya.

Menurutnya, pelaku merupakan residivis kasus pencurian HP. “Apabila masyarakat yang mungkin merasa pernah kehilangan HP bisa langsung berkoordinasi dengan Satreskrim Polresta Balikpapan,” tuturnya. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, RS diganjar pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top