Metro

Wali Kota Balikpapan Terpilih akan Sinergikan Perusda dan Pengusaha Lokal, Tingkatkan PAD

H Rahmad Mas’ud

KOTAKU, BALIKPAPAN-Rendahnya kontribusi perusahaan daerah (Perusda) yang kini menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Manuntung Sukses menjadi gejolak. Pasalnya, kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang disetorkan dari BUMD Manuntung Sukses Rp17 juta per tahun selama dua tahun berturut-turut.

Wali kota terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balikpapan tahun 2020 H Rahmad Mas’ud menanggapi minimnya kontribusi hingga pengelolaan aset yang belum sempurna, menjadi dasar niatnya merevitalisasi Perusda. “Ke depan kami akan memperbaiki manajemen dan sistem Perusda kami bisa lebih baik lagi. Berharap Perusda bisa bersinergi dan memberikan kontribusi yang besar terhadap pembangunan khusus dari sisi PAD,” ucapnya kepada awak media di Balai Kota, Senin (5/4/2021).

Dijelaskan, Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) dapat bersinergi dengan pengusaha lokal yang ada di kota jasa dan industri ini, untuk dapat menjadi tuan rumah di rumah sendiri. “Jadi jangan khawatir para pengusaha lokal dengan kehadiran Perusda akan mengambil lahan mereka. Itu salah, pola pikir itu yang harus diubah justru kehadiran Perusda mampu bersinergi dengan pengusaha lokal di Balikpapan di berbagai bidang. Kami harus siapkan,” tegasnya.

Dengan adanya Perusda, H Rahmad Mas’ud mendorong pengusaha lokal dapat terlibat dalam pembangunan Kota Balikpapan. “Jangan sampai pemain-pemain dari luar yang mendominasi. Apalagi ini persiapan IKN,” ujarnya.

Lanjut Wakil Wali Kota Balikpapan ini akan ada perluasan bidang usaha dalam wadah Perusda. Seperti pengelolaan transportasi laut, pelabuhan, pergudangan termasuk kawasan industri. “Payung atau wadahnya adalah Perusda, sehingga nanti lebih memudahkan pengusaha lokal untuk bisa menjadi pelaku di rumahnya sendiri. Itu harapan kami ke depan,” paparnya.

Meurutnya, mau tidak mau, siap tidak siap Perusda akan dipersiapkan menjadi perintis dan pelopor pembangunan yang akan ditingkatkan. Sebenarnya, Balikpapan tidak punya penghasilan Sumber Daya Alam (SDA) tidak memiliki pertambangan batubara dan minyak.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top