Corak

Dukung Ketahanan Pangan, Satgas Yonif 611/Awang Tanam Padi Kampung Kondo Merauke

hamas Ramadhan

KOTAKU, BALIKPAPAN-Satgas Yonif 611/Awang Long Pos Kondo turut mendukung program ketahanan pangan di wilayah Papua khususnya Kabupaten Merauke.

Saat ini Satgas Yonif 611/Awang Long Pos Kondo menanam padi yang nantinya dapat digunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bahan pangan beras di Kampung Kondo Distrik Neukenjerai Kabupaten Merauke.

Dalam rilis resmi, Kamis (8/4/2021), Dansatgas Yonif 611/Awang Long Letkol Inf Albert Frantesca menyebutkan kegiatan yang dilaksanakan tersebut bertujuan agar katahanan pangan di daerah Papua khususnya Kabupaten Merauke tetap stabil.

“Pada aspek ini, Satgas Yonif 611/Awang Long mengutamakan produksi pangan yang beraneka ragam untuk menjamin pemenuhan pangan hingga ke individu dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal secara bermartabat,” ungkapnya.

Dijelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012, sistem pangan nasional menempatkan kedaulatan dan kemandirian pangan sebagai spirit atau pondasi dalam melaksanakan pembangunan pangan nasional.

Lebih lanjut diucapkan, pada sisi capaian ini untuk mewujudkan ketahanan pangan tidak memisahkan ketahanan dan keamanan pangan.

“Ketahanan pangan merupakan kondisi terpenuhinya pangan bagi masyarakat sampai dengan perseorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau. Serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat untuk mencapai tujuan akhir yaitu individu dan masyarakat yang hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan,” urai Dansatgas.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top