Metro

Setelah Idulfitri, Sejumlah Sekolah di Balikpapan Siap Belajar Tatap Muka

hamas Ramadhan
Tim Satgas Covid 19 Balikpapan menyampaikan perkembangan kasus di BSCC/DOME, Minggu (11/4/2021) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Vaksinasi bagi tenaga pendidik dan guru masih menjadi prioritas, dikarenakan syarat dari pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) adalah guru sudah divaksin. Sebanyak 51,6 persen dari 9 ribu tenaga pendidik dan guru kota Balikpapan telah divaksin.

“Kalau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan masih menyiapkan, 37 sekolah sudah melakukan simulasi. Nanti akan kami tambah, setelah Lebaran nanti ada sekolah yang sudah dibuka terutama sekolah yang gurunya sudah divaksin,” ucap Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi di temui usai menyampaikan perkembangan Covid 19 Balikpapan di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC/DOME), Minggu (11/4/2021).

Dijelaskan Rizal, setelah Lebaran, Mei 2021, sekolah yang telah melaksanakan simulasi Desember 2020 lalu dan guru sudah divaksin lengkap, kemungkinan akan membuka kegiatan belajar tatap muka di sekolah.

“Saya kira tidak lagi mungkin langsung (PTM, Red). Mei mungkin sudah ada cuma setelah Lebaran, supaya lebih tenang,” papar Ketua Satgas Covid 19 Balikpapan ini.

Ya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim saat berkunjung ke Kota Balikpapan melakukan klarifikasi mengenai PTM, Juli 2021. PTM dibuka apabila tenaga pendidik sudah divaksin bukan diwajibkan menunggu hingga Juli 2021.

Meski demikian, pada saat PTM berlangsung diminta agar kantin di sekolah tidak dibuka, tidak ada pelajaran ekstrakulikuler dan semua guru dan anak didik wajib menerapkan protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top