Metro

Ditlantas Polda Kaltim akan Terapkan Pengesahan Pajak Kendaraan Tahunan secara Online

hamas Ramadhan
Sosialisasi bersama Pajak Kendaraan Bermotor di Kelurahan Klandasan Ulu (foto:kotaku.co.id/soleh)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim akan menerapkan pelayanan pengesahan STNK tahunan secara online, pelayanan tersebut ditargetkan khusus untuk Kota Balikpapan, dan rencana akan diluncurkan pekan depan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi STNK Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim, Eko Budianto saat sosialisasi bersama Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dengan mitra strategis yakni Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim dan PT Jasa Raharja cabang Kaltim-Kaltara, di aula Kelurahan Klandasan Ulu, Jumat (16/4/2021).

Eko menjelaskan pengesahan online serta pembayaran pajak tahunan tersebut nantinya akan melibatkan pihak ketiga sebagai kurir.

“Bentuk antisipasi pencegahan penularan Covid-19, agar masyarakat tidak lagi berduyun-duyun pergi ke kantor Samsat untuk melakukan pengurusan tatap muka,” paparnya.

Lanjut Eko menjelaskan, sistem berbasis aplikasi yang nantinya akan tersedia di playstore rencananya akan dilaunching dalam satu pekan ke depan.

“Saat ini masih dalam tahap uji coba, kalo sudah fix nanti kami launching dan umumkan kepada warga Balikpapan, apabila tahap uji coba lancar akan berlanjut ke kota-kota lainnya di Kaltim. Balikpapan menjadi kota yang pertama,” tutup Eko. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top