Metro

RS Medika Utama Manggar Kini Miliki Fasilitas Bank Darah

hamas Ramadhan
Peresmian bank darah oleh Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi di RS Medika Utama Manggar (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Optimalkan pelayanan kesehatan masa pandemi, Rumah Sakit (RS) Medika Utama Manggar bekerja sama dengan PMI Balikpapan meluncurkan fasilitas Bank Darah untuk warga Manggar dan sekitarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi mengatakan dengan adanya rumah sakit swasta seperti RS Medika Utama Manggar dapat membantu pemerintah mengingat keterbatasan dalam membangun rumah sakit.

“Kehadiran rumah sakit swasta sangat baik dan sangat membantu,” tuturnya, Jumat (16/4/2021).

Dijelaskan Rizal, bank darah di RS Medika Utama Manggar ini bisa juga menyuplai ke PMI, karena wilayah Balikpapan Timur memiliki potensi untuk mendonorkan darah. Itu karena terdapat banyak perusahaan dan TNI yang menjadi pendonor aktif.

“Saat membutuhkan darah, PMI kan jauh ke kota, mereka terlalu lama menunggu sehingga mengalami kerugian. Dengan adanya bank darah di sini bisa teratasi, kebutuhan darah seperti bersalin, anemia dapat tertangani dengan cepat,” ungkap Rizal.

Kepala PMI Balikpapan Dyah Muryani mengatakan bahwa kebutuhan darah tidak dapat diperjualbelikan sehingga dengan adanya bank darah di wilayah timur dapat membantu warga.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top