Metro

Ratusan Calhaj di Balikpapan Sudah Divaksin Lengkap

hamas Ramadhan
Salah seorang calhaj Balikpapan saat mengikuti program vaksin pencegah Covid-19 (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sebanyak 430 calon jamaah haji (Calhaj) Balikpapan melaksanakan vaksinasi dosis kedua di Balikpapan Sport Center Convention (BSCC/DOME), Minggu (18/4/2021). Meskipun belum ada kepastian rencana keberangkatan oleh Kementerian Agama RI.

Diketahui saat ini pemerintah Arab Saudi menyatakan yang diperbolehkan melaksanakan ibadah haji hanya calhaj yang telah divaksin. Vaksin yang digunakan wajib tersertifikasi WHO di antaranya Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty mengatakan berdasarkan keputusan yang tertuang dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No 13 Tahun 2021 tentang hukum vaksinasi Covid -19 saat berpuasa tidak membatalkan.

“Kami tetap melaksanakan vaksinasi sesuai dengan jam kerja, mulai pagi hingga sore hari. Alhamdulillah sambil memantau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) setelah melakukan imunisasi saat berpuasa juga aman, sehingga saat ini kami tidak membuka pelayanan vaksinasi malam hari,” ungkap Dio sapaan karibnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, salah seorang calhaj Sunardi menyampaikan pemberian vaksin kedua ini dilaksanakan pada saat kondisi tengah menjalankan ibadah puasa.

“Dalam menerima vaksinasi kedua ini tidak ada persiapan khusus, selain menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup. Sama seperti vaksin pertama, saya tidak merasakan gejala apa-apa. Walaupun bulan puasa, saya tetap ikut suntikan kedua ini,” paparnya.

Selain calhaj, vaksinasi dosis kedua juga diberikan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum sempat terlayani sebelumnya. Masing-masing 20 orang pelaku UMKM dan 50 pedagang.

“Sesuai arahan Kemenkes target vaksinasi diutamakan lansia dan tenaga layanan publik diprioritaskan guru,” papar Tim Satgas Covid 19 ini.

Informasi sebelumnya, target pelayanan vaksinasi untuk publik di Balikpapan mencapai 54 ribu orang, sedangkan lansia yang merupakan target utama hingga Juni 2021 mencapai kurang lebih 55 ribu orang.

“Termasuk tenaga pendidik, hingga saat ini,target pelayanan vaksinasi telah mencapai 61 persen. Sesuai jadwalnya Kota Balikpapan akan kembali mendapatkan jatah vaksin Covid 19 berjenis Sinovac yang tiba 20-22 April 2021. Akan tetapi, untuk jumlah vaksin yang akan diberikan masih belum diketahui,” tutup Dio. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top