Metro

Rizal Ingatkan Warga Balikpapan Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

hamas Ramadhan
HM Rizal Effendi

KOTAKU, BALIKPAPAN-Hujan lebat dan angin kencang akibat Siklon Tropis Surigae masih mengancam sebagian besar wilayah di Indonesia, khususnya di kawasan Indonesia Timur, termasuk Kaltim. Peringatan dini yang diterbitkan Badan meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG), Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi meminta masyarakat Balikpapan tetap waspada.

“Kami sudah menyiapkan bersama-sama yang dipimpin oleh gubernur, Pangdam, Kapolda dan Tim Penanggulangan Bencana. Berbagai hal kami antisipasi untuk persiapannya,” ujar Ketua Satgas Covid 19 Balikpapan saat ditemui di Balai Kota, Senin (19/4/2021).

Termasuk juga penebangan pohon yang menjadi rawan saat situasi siklon tropis surigae, wali kota dua periode ini mengatakan pihaknya mengingatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pemukiman dan Perumahan untuk melakukan penyiangan pohon. Termasuk perbaikan dan membenahi tempat pembuangan sampah (TPS), agar sampah tidak berserakan yang dapat menimbulkan penyumbatan saluran air.

“Penebangan pohon yang dianggap berbahaya kalau terjadi angin kencang,” papar Rizal.

Sebelumnya, BMKG memberikan peringatan dini cuaca terkait siklon 94w yang saat ini berkembang menjadi siklon tropis surigae. Siklun tropis surigae berdampak gerakan angin semakin cepat di sejumlah wilayah dengan potensi hujan petir. Kendati demikian, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginstruksikan agar pemerintah daerah dapat meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi beberapa dampak dari siklon tropis suragae.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top