Ekbis

Pelindo IV Anggarkan Rp1 Triliun Kembangkan Tiga Pelabuhan Balikpapan, Dukung IKN Baru

hamas Ramadhan
Paparan rencana pengembangan pelabuhan dalam rangka mendukung proyek pembangunan IKN dihadapan rombongan Kementerian PPN/Bappenas (foto:kotaku.co.id/chandra)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Guna memaksimalkan layanan bongkar muat material pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Penajam Paser Utara (PPU), PT Pelindo IV (Persero) akan mengembangkan kapasitas tiga pelabuhan sekaligus di Balikpapan. Masing-masing Terminal Peti Kemas (TPK) Karingau yang dikelola PT Kaltim Kariangau Terminal yakni perusahaan konsorsium Pelindo IV dengan Pemerintah Provinsi Kaltim, Pelabuhan Semayang dan Pelabuhan Kampung Baru.

“Begitu pembangunan IKN dimulai maka kami mulai mempersiapkan pengembangan pelabuhannya. Secara internal sudah kami siapkan semua. Mulai rencana pendanaan hingga rencana desain,” jelas Direktur Utama Pelindo IV Prasetyadi usai menerima kunjungan Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas Kennedy Simanjuntak dan Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti di ruang rapat KKT, Kamis (22/4/2021) sore.

Disebutkan, proyek peningkatan kapasitas dan perluasan ketiga pelabuhan tersebut ditaksir menelan investasi Rp1 triliun. Dengan rincian, Rp600 miliar untuk TPK Karingau, Pelabuhan Semayang dan Pelabuhan Kampung Baru masing-masing secara berurutan Rp300 miliar dan Rp100 miliar.

Adapun proyek pengerjaannya dilakukan bersamaan alias serentak. “Karena untuk menunjang IKN tidak bisa mengembangkan pelabuhan untuk kontainer saja, ada juga barang yang bukan kontainer, kalau tidak dikembangkan bersamaan, (barang kebutuhan IKN) mau ditaruh di mana

Selain kebutuhan pembangunan IKN, ketiga pelabuhan itu juga dirancang untuk melayani masuknya barang logistik saat IKN yang baru sudah berjalan.

TPK Karingau merupakan pelabuhan peti kemas. Selanjutnya akan dikembangkan dengan kemampuan tampung hingga 2 juta Twenty-foot Equivalent Unit (TEUs). Termasuk menambah panjang dermaga dan menambah luas lapangan penumpukan. Kemudian Pelabuhan Semayang akan dikembangkan menjadi pelabuhan multipurpose. Sehingga tidak saja pelabuhan angkutan penumpang kapal laut dan general cargo hingga alat berat tapi juga Car Terminal. Sedangkan Pelabuhan Kampung Baru hadir khusus untuk melayani bongkar muat material proyek pembangunan seperti tiang pancang, pipa dan lainnya.

Sejalan dengan pemindahan IKN ke Kaltim, Prasetyadi mengaku pelabuhan yang dikelola Pelindo IV di Balikpapan, dipesan jadi kawasan pendukung barang material IKN oleh sejumlah perusahaan kontraktor berplat merah. “Artinya mereka sudah ancang-ancang, mengerjakan proyek di IKN,” serunya.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top