Ekbis

Serikat Buruh Desak Kelembagaan Hubungan Industrial Balikpapan Diberdayakan

hamas Ramadhan
Forum Serikat Buruh Balikpapan saat menyampaikan petisi kepada Wali Kota Balikpapan saat peringatan Hari Buruh (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Peringatan Hari Buruh, Forum Serikat Buruh Balikpapan desak Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan memberdayakan kelembagaan Hubungan Industrial di Balikpapan.

Pasalnya, hingga kini masih banyak perusahaan yang beroperasi tapi tidak tercatat. Hal ini yang perlu diperhatikan, apabila nanti terjadi kecelakaan kerja, pekerjaan menjadi kurang terlindungi karena tidak tercatat.

“Kami ingin kelembagaan hubungan industrial di Kota Balikpapan ini diberdayakan,” ucap Ketua Serikat Buruh Balikpapan Mugiyanto di Ruang VIP Room Balai Kota, Sabtu (1/5/2021) lalu.

Lanjut Mugiyanto, hubungan industrial ini ada tiga hal yaitu dewan pengupahan kota, tim deteksi dini dan ketiga adalah LKS tripartit kota.

“Karena ketiga lembaga inilah tempat penyaluran aspirasi pekerja buruh Kota Balikpapan,” terang Mugiyanto.

Selain itu, petisi May Day membahas pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim, Forum Serikat Buruh Balikpapan mendesak Pemkot Balikpapan untuk menyiapkan tenaga kerja lokal yang berkualitas.

“Artinya pemkot melalui Disnaker dan stackholder yang ada di Kota Balikpapan harus bersama-sama memberikan pelatihan kepada tenaga kerja lokal, agar bisa bersaing dalam pasar kerja pada saat nanti IKN ini dibangun,” paparnya.

Memang Undang-Undang Cipta Kerja pernah terjadi penolakan, karena banyak hal yang merugikan pekerja. Akan tetapi Peraturan Presiden (PP) sudah dibuat, sehingga perlunya disosialisasikan. Karena di situ terdapat pengaturan tentang Tenaga Kerja Asing (TKS), pengaturan tentang pekerjaan ahli daya, pengaturan tentang pengupahan termasuk jaminan kehilangan pekerjaan.

“Kami minta, karena dalam Undang-Undang Cipta Kerja ada beberapa yang dikurangin pesangonnya. Kami lihat ini, berapa besar pekerja keuntungan yang diterima oleh pekerja buruh terhadap aturan ini,” pungkasnya.

Mugiyanto menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada wali kota, karena selama menjabat cukup komunikatif dan aspiratif terhadap buruh di Kota Balikpapan. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top