Metro

Isran Noor: Boleh Salat Id di Tempat Terbuka Asal….

H Isran Noor

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pemerintah Kota Balikpapan tidak merekomendasikan pelaksanaan salat Id di lapangan terbuka. Hal itu disampaikan Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat menghadiri Safari Ramadan di Masjid Al Hijrah Kecamatan Balikpapan Tengah, Selasa (4/5/2021) malam lalu.

Tapi, Gubernur Kaltim H Isran Noor justru memberikan izin warga untuk menggelar salat Id berjamaah di lapangan terbuka. Seperti yang disampaikan usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2021 di Lapangan SPN Stalkuda, Rabu (5/5/2021).

“Memanfaatkan lahan terbuka yang luas diperbolehkan, karena lebih lapang dan mudah aksesnya dengan beberapa catatan tempat tersebut dalam kondisi bersih dan tidak ada najis,” jelasnya.

Namun ia mengingatkan, tetap patuhi protokol kesehatan. “Karena kesehatan ini merupakan segala-galanya. Salat Idulfitri itu sunnah, nggak wajib tapi setahun sekali dilaksanakan dengan kondisi Covid-19 ini tentu dengan persyaratan protokol kesehatan yang sudah disampaikan dan sudah ada payung hukumnya, larangannya dalam pelaksanaan tertentu tidak boleh dilakukan,” tutur Isran kemudian.

Ia menegaskan dalam penerapannya, jamaah dimohon untuk memastikan jarak aman, posisi aman jarak sesama jamaah juga perlu kembali dipastikan sesuai dengan aturan protokol kesehatan. Sementara untuk pelaksanaan salat dianjurkan agar anak-anak dan orang tua untuk tidak ikut melaksanakan salat Ied di tempat terbuka.

“Kalau pun ikut ya harus dipertimbangkan betul-betul protokol kesehatannya,” tutupnya. (*)

-->
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top