Ekbis

Bazar Murah TPID Balikpapan Bantu Masyarakat Penuhi Kebutuhan Lebaran

KOTAKU, BALIKPAPAN-Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Balikpapan kembali menggelar bazar murah 8-9 Mei 2021 di Balcony, guna mengendalikan harga bahan pokok di pasar yang kerap melambung menjelang hari besar seperti Idulfitri. Kolaborsi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Perdagangan bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Balikpapan.

Bazar Murah TPID Balikpapan hadir mulai pukul 08.00-17.00 Wita akan tetapi apabila ada yang ingin masih membuka untuk berjualan diperbolehkan sampai pukul 21.00 Wita sesuai dengan ketentuan pada saat pandemi.

“Bazar murah tetap ada, selain dilaksanakan TPID biasanya Bulog juga melakukan operasi pasar. Ini untuk mengendalikan harga dan untuk membantu masyarakat yang kemampuannya terbatas, sehingga ini dapat membantu mereka agar bisa memenuhi kebutuhannya saat Lebaran,” ucap Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat membuka bazar murah TPID Kota Balikpapan.

Rizal berterima kasih kepada distributor, Bulog termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Kami bahagia di tengah Pandemi Covid 19 bisa menyelenggarakan ini dan mudah-mudahan bermanfaat karena harganya terjangkau,” papar Rizal.

Rizal menambahkan agar dalam bazar murah ini terdapat pelayanan kesehatan dan pembayaran zakat, sehingga masyarakat bisa juga memeriksa kesehatan termasuk membayar zakat.

Hasil pantauan Kotaku.co.id beberapa distributor terdapat dalam bazar murah tersebut seperti Lotte Mart, Careffour, Transmart, Hypermart, Bulog termasuk UMKM. Berbagai macam makanan, minuman, barang pecah belah, barang rumah tangga, perizinan serta konsultasi ekspor untuk UMKM di bazar murah tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Arzaedi menuturkan bahwa harga barang yang ada dalam bazar murah ini minimal sesuai dengan harga eceran tertinggi dan harga acuan.

“Alhamdulillah, setelah kami survei harga barang yang ditampilkan ada di bawah harga acuan dan ada juga yang sama. Banyak yang mengajukan untuk ikut di sini, tetapi kami tidak bisa mengabulkan mereka dalam kegiatan ini. Diharapkan lain waktu mereka bisa berpartisipasi bersama dengan kami di kesempatan ini,” tutur Arzaedi.

Sebelum bazar murah ini resmi dibuka terpantau banyak pengunjung yang telah menunggu untuk dapat membeli barang yang disediakan dalam bazar murah tersebut. Saat ditemui Kotaku.co.id pengunjung yang bernama Sulistiani ketika membeli perabotan rumah tangga dan daging di bazar murah ini mengaku bahwa harga barang di bawah harga pasaran.

“Kami senang karena harga terjangkau dan pastinya sangat baik buat masyarakat seperti kami,” tutupnya.(*)

-->
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top