Metro

Fenomena Langka, Besok Super Blood Moon Hiasi Langit Kota Balikpapan

Ilustrasi/google

KOTAKU, BALIKPAPAN-Alam seperti tak henti-hentinya memberikan suguhan menarik, seperti yang akan tersaji besok, Rabu (26/5/2021). Hampir seluruh warga Indonesia termasuk Kaltim akan disuguhkan fenomena langka yaitu Gerhana Bulan Total Perigie (Super Blood Moon).

Peristiwa gerhana bulan total perigie adalah saat posisi matahari, bumi dan bulan sejajar. Hal ini terjadi saat bulan berada di umbra bumi yang berakibat saat puncak gerhana bulan total terjadi. Sehingga bulan akan terlihat berwarna merah atau kerap dikenal istilah Super Blood Moon.

“Karena posisi bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi (perigie), maka bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, sehingga disebut dengan super moon,” beber Kepala BMKG Balikpapan, Erika Mardiyanti, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (25/5/2021).

Namun disayangkan, untuk beberapa wilayah di Kaltim diprediksi saat terjadi gerhana akan berawan bahkan terjadi hujan.

Dijelaskannya, untuk wilayah yang berpotensi terjadinya hujan ringan sampai lebat diserta petir dan angin kencang itu di Samarinda dan Tenggarong.

“Sementara untuk wilayah Bontang, Sangatta, Sendawar, Ujoh Bilang, Balikpapan, Penajam dan Tanah Grogot diprakirakan cerah hingga berawan,” ulasnya.

Dijelaskanya, untuk fase-fase atau proses Gerhana Bulan Total yang akan terjadi Rabu 26 Mei 2021 yang melewati wilayah Kaltim yakni Fase (U2) Gerhana Bulan Total, mulai masuk pukul 19.09 Wita. Sementara Fase Puncak Gerhana Bulan terjadi pukul 19.18 Wita, dan Fase (U3) atau Gerhana Bulan Total berakhir terjadi pukul 19.28 Wita.

Selanjutnya ada Fase (U4) yakni Gerhana Bulan Sebagian berakhir pada pukul 20.52 Wita hingga terakhir Fase (P4) Gerhana Bulan berakhir hingga pukul 21.51 Wita. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top