Metro

Layanan Darurat 110 Polresta Balikpapan Bakal Dilengkapi Pusat Kendali Berbasis IT

Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak (kanan) didampingi Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi saat melakukan peninjauan kesiapan Command Center di Mako Polresta Kota Balikpapan

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak melakukan kunjungan ke Mako Polresta Kota Balikpapan, Jalan Jendral Sudirman, Balikpapan Kota, Selasa (8/6/2021). Dalam kunjungannya, ia mengungkapkan akan membangun Command Center yakni pusat kendali berbasis teknologi informasi.

“Command Center untuk pelayanan panggilan polisi 110. Kami bekerja sama dengan Telkom sedang membangun itu, mudah-mudahan dalam waktu satu minggu sudah jadi, sehingga kami bisa memantau yang mengawaki 110 itu ada di mana saja dengan melihat aplikasi. Kemudian juga bisa mengetahui di mana si penelpon 110 itu berada,” ungkapnya kepada awak media.

Dijelaskan, pembangunan Command Center dalam rangka memberikan pelayanan secepatnya kepada masyarakat. Apalagi seluruh kalangan sudah mengetahui bahwa layanan darurat kepolisian 110.

“Jadi masyarakat di Kaltim khususnya di Kota Balikpapan harus tahu bahwa (layanan pengaduan polisi) 110 sudah aktif, dan Polri siap melayani 110,” ucapnya.

Targetnya, petugas kepolisian tiba di lokasi kurang dari 10 menit sejak pengaduan diterima melalui panggilan telepon 110.

Oleh sebab itu, ia menyiapkan personel dan perlengkapannya. Adapun 110 diawaki anggota kepolisian dari Polda Kaltim.
Sementara untuk perlengkapan, disiapkan motor dan mobil patroli.

Ide besarnya, tidak hanya membangun pusat kendali informasi untuk menunjang layanan darurat 110, akan tapi juga menjadi Crisis Center. Ia pun sudah mengintruksikan Kapolresta Balikpapan untuk berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Jadi nanti kalau ini jadi Crisis Center artinya bahwa panggilan 110 itu tidah hanya panggilan untuk bantuan oleh kepolisian, tapi juga bantuan lainya. Misalnya bencana kebakaran dan lainnya. Semua yang saya anggap crisis. Bahkan contoh ekstrim saya bilang kalau ada ibu hamil tiba-tiba mau ke rumah sakit untuk melahirkan, panggil 110,” ulasnya. (*)

-->
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top