Politik

Partai Gerindra Usulkan Satu Nama Jabat Wawali Balikpapan

Muhammad Taqwa

KOTAKU, BALIKPAPAN-Setelah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), giliran Partai Gerindra Balikpapan mengumumkan satu nama untuk diusulkan sebagai wakil wali kota menggantikan mendiang H Thohari Aziz yang telah berpulang Januari 2021 lalu.

Adapun Partai Gerindra merupakan salah satu partai yang mengusung pasangan H Rahmad Mas’ud-H Thohari Aziz dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balikpapan Desember 2020.

“Momentum yang dinanti-nanti secara resmi Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud sudah dilantik. Untuk pendampingnya, wawali ada proses dan prosedur yang harus dilewati. Masing-masing partai pengusung berhak mengusulkan atau menunjuk calon pengganti almarhum. Tentunya, sesuai dengan peraturan Undang-Undang dan mekanisme. Kami masih menunggu proses ini, kami ingin rapat koalisi kembali untuk membicarakan dan mengerucutkan seperti apa mekanismenya,” jelas Ketua DPC Partai Gerindra Balikpapan Muhammad Taqwa saat ditemui di DPRD Balikpapan, Selasa (8/6/2021).

Sesuai ketentuan, wawali yang akan mendampingi H Rahmad Mas’ud dipilih DPRD. “Kami masih melihat seperti apa mekanismenya. Apakah nanti kami akan membentuk panitia seleksi nama-nama yang akan dipersiapkan oleh partai pengusung. Tentunya juga dengan wali kota,” paparnya.

Taqwa menuturkan, semua partai pengusung berharap agar wali kota segera didampingi wawali untuk membantu mewujudkan visi dan misi yang dicanangkan untuk kemajuan Kota Balikpapan. Apalagi saat ini, Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) Kota Balikpapan difokuskan untuk penanganan Covid 19.

“Kami harus betul-betul kerja cepat, kerja bersama, gotong royong bersama untuk menghadapi masa-masa sulit seperti ini dalam menyusun anggaran, pengawalan anggaran. Tentunya mengawal visi misi sampai tahun 2024,” ujar Taqwa.

Ia berharap dalam waktu seluruh partai pengusung duduk bersama untuk membicarakan hal ini. “Kami juga nggak mau menunggu lama-lama, kalau pandangan kami, proses pemerintahan harus paripurna sehingga meringankan beban wali kota,” terangnya.

Terkait calon nama yang diusung dari Partai Gerindra Balikpapan, ia menegaskan hasil kesepakatan bersama partai mengusung H Sabaruddin Panrecalle yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Balikpapan untuk dapat mengisi kekosongan jabatan wawali. (*)

-->
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top