Ekbis

Tips untuk Pengendara Wanita dari Astra Motor Kaltim 1

KOTAKU, BALIKPAPAN-Banyak yang mengatakan bahwa penguasa jalanan adalah emak-emak. Lelucon ini memang bisa dikatakan benar, lantaran banyak sekali kaum ibu yang berkendara seenaknya di jalanan tanpa memperhatikan pengendara lain yang ada di belakangnya.

Salah satu hal yang sering dijadikan masalah ketika emak-emak berbelok ke kanan, namun lampu sein yang dinyalakan sebelah kiri. Hal ini menyebabkan tidak sedikit para pengendara merasa kesal dan kebingungan. Padahal hal seperti ini bisa menyebabkan kecelakaan, jika pengendara di belakangnya tidak melihat laju emak-emak yang membawa kendaraan motor tersebut.

Selain penggunaan lampu sein yang kerap kali salah, emak-emak dan remaja wanita ini biasanya juga kerap melakukan berbagai kesalahan lainnya selama berkendara motor di jalan raya. Namun kali ini Astra Motor Kaltim 1 akan memberikan tips agar kesalahan tersebut tidak terjadi lagi. Simak pembahasannya berikut ini:

  1. Menggunakan Fitur Kendaraan yang Tidak Tepat
    Banyak wanita yang belum memahami bagaimana cara berkendara dengan motor yang tepat. Dengan pengetahuan yang terbatas, lantas berkendara ke jalanan dengan bermodalkan nekat. Akibatnya, sering wanita salah menggunakan fitur kendaraan yang ditumpanginya.

Contohnya penggunaan lampu sein. Ketika hendak berbelok ke kanan, namun menggunakan sein ke kiri. Begitu juga sebaliknya. Selain penggunaan lampu sein yang kerap kali salah, soal rem depan dan belakang juga kerap kali salah. Contohnya pengereman roda belakang biasa dilakukan dengan dengan menginjak tuas rem yang berada tepat di bawah telapak kaki kanan. Sedangkan untuk melakukan pengereman ban depan, bisa menggunakan tangan yang berada di dekat gas motor.

Penggunaan fitur yang salah juga membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengendara lainnya. Khususnya bagi wanita yang hendak berkendara, pastikan sudah cukup paham fungsi masing-masing fitur motor.

  1. Menghentikan Motor Mendadak
    Menghentikan motor secara tiba-tiba, tak jarang ditemui di jalan raya. Hal ini membuat pengendara di belakangnya kaget dan juga melakukan pengereman secara mendadak. Jika pengendara di belakangnya tersebut tidak fokus, risiko kecelakaan bisa terjadi.
  2. Memutar Balik Arah Kendaraan
    Seringkali juga khususnya kaum wanita juga memutar balik arah kendaraan tanpa pertimbangan terlebih dahulu. Memutar balik arah kendaraan tanpa melihat ke arah belakang dan langsung berbelok, sehingga hal ini dapat berdampak buruk terhadap keselamatannya. Beruntung jika kendaraan di belakangnya langsung berhenti, namun bila kendaraan di belakangnya tidak fokus, kecelakaan bisa saja terjadi karena kesalahan tersebut. Jadi, jika ingin memutar balik arah motor, lihat dahulu kiri, kanan, dan belakang.
  3. Melanggar Rambu Lalu Lintas
    Ada begitu banyak rambu lalu lintas yang terpasang di jalan. Sayangnya, banyak juga dari kaum hawa yang melanggar rambu llantaran tidak mengerti arti rambu lalu lintas tersebut. Padahal, pelanggaran lalu lintas ini dapat menyebabkan pengendara terkena sanksi denda dan pidana.

“Semoga untuk pengendera khususnya wanita, mengerti akan cara berkendara yang aman dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, karena jika tidak akan membahayakan tidak hanya diri sendiri tapi juga orang lain,” Safety Riding Officer Astra Motor Kaltim 1 Daniel Natanael Toghas melalui siaran pers yang disampaikan, Kamis (10/6/2021). (*)

-->
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top