Metro

Kasus Covid-19 di Balikpapan Bertambah dari Klaster Perusahaan dan Keluarga

dr Andi Sri Juliarty

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kasus Covid 19 di Kota Balikpapan, meningkat. Bertambah 41 yang terkonfirmasi positif. Mengingat beberapa hari sempat mengalami penurunan. Kasus yang menonjol klaster perusahaan yang pekerjanya baru datang dari luar daerah ke Balikpapan dan kluster keluarga setelah kumpul-kumpul Lebaran yang penularannya masih berlanjut.

“Dan ini pola yang sama dengan kenaikan kasus setelah Lebaran tahun lalu,” ulas Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty, melalui aplikasi pengiriman pesan, Minggu (13/6/2021).

Lanjut Dio mengatakan pelaku perjalanan negatif saat mau naik pesawat atau kapal tidak menjamin negatif 100 persen. Bisa jadi di tubuhnya sudah terpapar Covid 19, namun masih awal belum terdeteksi dengan alat. Selain itu, bisa terpapar setelah pengambilan swab di laboratorium sampai tiba di lokasi kerja. Atau terpapar saat tiba di lokasi kerja dan keluar ke lokasi sekitar.

“Oleh karena itu tenaga kerja yang baru tiba diminta karantina dulu lalu test lagi sebelum masuk lokasi,” paparnya.

Adapula perusahaan yang cukup ketat mensterilkan pekerjanya sampai masuk lokasi. Mulai dari naik pesawat dirapid antigen, turun pesawat langsung karantina di hotel, tidak keluar sampai menjelang masuk lokasi dites swab. Jika negatif baru masuk lokasi kerja. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top