Parlementaria

Budiono Terima Kunker Komisi A DPRD Provinsi Jatim

Kunker Komisi A DPRD Propinsi Jawa Timur ke DPRD Balikpapan di ruang rapat paripurna, Rabu (16/6/2021) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Propinsi Jawa Timur (Jatim) kunjungan kerja (Kunker) ke DPRD Balikpapan untuk bertukar informasi tentang peraturan pemerintah tentang penyederhanaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Menurut Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim Hadi Dediansyah, aturan tersebut tumpang tindih, karena belum sempat dilaksanakan kemudian muncul peraturan baru lagi. Akhirnya membingungkan OPD. Bahkan banyak OPD dipimpin pelaksana tugas (Plt). “Kami menekankan kepada pemerintah pusat sesegera mungkin mengeluarkan aturan yang baku atau tetap, supaya OPD di seluruh Indonesia bekerja maksimal dan bekerja dengan ketenangan. Seperti hal sekarang masih terjadi kebingungan,” jelasnya di sela kunkernya, Rabu (16/6/2021).

Adapun Balikpapan dipilih sebagai tujuan karena dianggap sebagai salah satu daerah yang menjadi perhatian nasional bahkan internasional. “Probematika Balikpapan tidak jauh beda dengan daerah lainnya. Seperti Surabaya termasuk Kota Batu, dalam persoalan penyederhanaan organisasi OPD apakah dampaknya signifikan atau tidak. Saya rasa hampir sama,” terangnya kemudian.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono yang berkesempatan menerima kunjungan menerangkan, sejatinya Balikpapan belum menerapkan ketentuan tersebut. “Justru kami belajar di sana (Jatim). Karena pada saat peraturan yang baru diturunkan oleh MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Red), (Pemkot Balikpapan hendak) menyederhanakan jabatan struktural ke jabatan fungsional (sesuai ketentuan Menteri Dalam Negeri/Mendagri),” ucapnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top