Metro

Tahun 2022, Pemkot Balikpapan Tambah Sekolah Negeri di Balbar

H Rahmad Mas’ud

KOTAKU, BALIKPAPAN-Terbatasnya jumlah sekolah negeri di Balikpapan menjadi penghalang peserta didik mengenyam pendidikan menggunakan fasilitas milik pemerintah. Baik jenjang sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) sederajat.

“InsyaAllah tahun depan sekolah (berbasis negeri) akan dibangun. Salah satunya Balikpapan Barat, kemudian tahun depan juga kami akan bangun (menggunakan skema tahun jamak) sekolah terpadu di Balikpapan Selatan,” jelas Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud saat ditemui di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Senin (21/6/2021). Adapun sarana pendidikan yang akan dibangun di wilayah tersebut yakni jenjang SD dan SMP.

Rahmad juga berencana meninjau beberapa lokasi yang akan dijadikan sekolah. Mulai di kawasan Balikpapan Tengah, di antaranya akan memanfaatkan lapangan tenis di Gunung Pasir dan juga eks Puskib untuk dijadikan sekolah terpadu.

Ia berharap, rencana itu menjawab kebutuhan para orangtua yang menginginkan anaknya menimba ilmu di sekolah negeri.

Khusus solusi yang diberikan untuk kebutuhan periode tahun ajaran masuk sekolah 2021, ia mengaku telah menginstruksikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan untuk membuka kesempatan kepada peserta didik yang memiliki nilai baik di zonanya masing-masing.

“Ada yang ngeluh, nilainya baik tapi zonanya agak jauh dari rumahnya, kok gak lulus. Nah ini, kami buka kesempatan untuk yang memiliki nilai baik kami akan tes tapi tidak lintas zona, untuk bisa mengurangi anak-anak yang tidak lulus kemarin bisa berkesempatan masuk di sekolah negeri,” pungkasnya.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top