Corak

Bawa 21 Penumpang, Pesawat Enggang Airlines Hilang Kontak di Teluk Balikpapan

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan mendapat laporan pesawat Enggang Airlines jurusan Tarakan menuju Balikpapan hilang kontak di perairan Selat Makasar lebih tepatnya di Teluk Balikpapan, Rabu (23/6/2021).

Pesawat dilaporkan hilang kontak pukul 07.55 dengan muatan 25 orang terdiri empat kru dan 21 penumpang. Dua penumpang di antaranya merupakan warga negara asing (WNA).

Menindak lanjuti laporan tersebut, Basarnas Kaltim-Kaltara menerjunkan ratusan personel dan puluhan alut laut dan darat menuju bibir pantai kawasan Banua Patra. Satu jam berselang, pesawat berhasil ditemukan sekira 2 Nautical Mile (Nm) dari bibir pantai.

Hal itu diungkapkan Kasi Ops Basarnas Kaltim-Kaltara, Octavianto dalam latihan pencarian dan pertolongan berskala besar Real Simulation dengan skenario pesawat yang hilang kontak. Pelatihan digelar Rabu pagi.

“Kegiatan simulasi ini merupakan sebagai tindaklanjut dari rakor tentang kegiatan operasi SAR terkhusus kecelakaan pesawat udara agar Basarnas Kaltim lebih siap siaga mengantisipasi terhadap potensi jika terjadi kecelakaan baik dalam penerbangan maupun pelayaran,” ucapnya kepada awak media usai simulasi.

Okta mengatakan, simulasi melibatkan unsur gabungan yang terdiri dari pemerintah, swasta, BUMN, TNI dan Polri. Sementara untuk alat yang diturunkan kurang lebih 30 alat darat dan air yang diikuti 275 personel. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top