Corak

Kebut Kekebalan Kelompok Pertamina Balikpapan Vaksin 1.200 Pekerja dan Mitra

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pertamina RU Balikpapan gelar vaksin untuk pekerja dan mitra kerja di halaman kantor, Selasa (29/62021) dalam rangka mendukung program Vaksinasi Gotong Royong yang digagas pemerintah. Vaksinasi juga melibatkan pekerja PT Kilang Pertamina Balikpapan.

“Hari ini bekerja sama dengan rumah sakit Pertamina Balikpapan, kami melaksanakan program vaksin gotong royong kepada pekerja dan mitra kerja RU V dan KPB” ujar Pjs GM Pertamina RU Balikpapan Iskandar.

Ya, pemerintah telah menerbitkan aturan mengenai pelaksanaan program vaksin Covid-19 secara mandiri atau gotong royong bagi perusahaan. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 10 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Vaksinasi gotong royong merupakan program suntik vaksin yang diberikan perusahaan kepada karyawannya secara gratis alias tanpa biaya.

Lanjut Iskandar menyampaikan bahwa program ini dilaksanakan dalam mendukung program pemerintah untuk mencapai kekebalan kelompok sesegera mungkin. “Melalui program vaksinasi ini, semoga dapat mengurangi dampak covid-19. InsyaAllah ke depan kasus positif Covid-19 dapat terus dikurangi dan akhirnya dapat diminimalisir,” ujarnya.

Iskandar juga mengingatkan walau telah menerima vaksin, setiap pekerja harus terus mematuhi protokol kesehatan 5 M. “Protokol kesehatan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas saat ini merupakan kewajiban semua,” tegasnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 Pertamina RU Balikpapan Arjon Siagian. “Jangan lupa bahwa vaksin ini bukan mencegah terpapar covid 19, tetapi meningkatkan immunitas, sehingga dampak dari covid tersebut lebih ringan, oleh sebab itu tetap jalankan terapkan protokol kesehatan 5M,” katanya.

Pelaksanaan vaksinasi gotong royong di lingkungan Pertamina RU Balikpapan akan berlangsung hingga 3 Juli 2021 dengan target 1.200 peserta.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) M Noor Khairuddin menyampaikan dukungannya terhadap program yang dijalankan tersebut. “Saya kira ini sangat bagus karena dengan vaksin gotong royong ini target jumlah populasi yang divaksin akan semakin tercapai. Dengan semakin cepat tercapai kekebalan kelompok, ini merupakan salah satu cara untuk penanganan pandemic covid di Indonesia,” tutupnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top