Metro

Jika PPKM Darurat Diperpanjang, Pemkot Balikpapan Siapkan Bantuan Uang Tunai Warga Terdampak

H Rahmad Mas’ud

KOTAKU, BALIKPAPAN-Jika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Kota Balikpapan yang berakhir 20 Juli 2021 diperpanjang, Pemerintah Kota (Pemkot) berencana akan memberikan bantuan uang tunai kepada warga yang terdampak aturan tersebut.

“Sudah dikaji dan dibahas Dinas Sosial bersama Sekretaris Dearah (Sekda),” jelas Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud ditemui di Balai Kota, Sabtu (17/7/2021).

Ketua Satgas Kota Balikpapan ini mengatakan, bantuan akan diberikan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), supir transportasi online dan konvensional.

Tahun sebelumnya, bantuan sosial diberikan dalam bentuk paket sembako. Akan tetapi, rencananya tahun ini akan diberikan bantuan sosial berupa uang tunai. “Supaya lebih bermanfaat, kami langsung bentuk uang saja,” imbuhnya.

Wali Kota Balikpapan menyampaikan keutamaan bantuan sosial dalam bentuk uang, masyarakat bisa belanja di warung sekitarnya, sehingga perputaran uang di Kota Balikpapan berjalan baik. “Secara ekonomi perputaran baik, karena uang berputar di Kota Balikpapan. Kalau sembako nanti distributornya saja yang untung, makanya kami kasih uang saja,” serunya.

Rahmad belum memastikan berapa nominal yang akan diberikan termasuk jumlah sasaran yang akan menerima bansos yang akan dicanangkan apabila PPKM darurat diperpanjang. “Nanti akan dikaji dulu berapa mampu keuangan kami, lebih banyak lebih bagus. Kalau saya punya prinsip jangankan uang negara, uang saya kasih rakyat apalagi uang negara,” ujarnya.

Terkait validasi data penerima bansos, Pemkot Balikpapan akan berkoordinasi dengan setiap kelurahan melalui Dinas Sosial. Penerima bansos bagi warga yang terdampak diharap tepat sasaran. Pasalnya, bansos ini dinantikan, mengingat kondisi pandemi Covid dan PPKM Darurat membatasi aktivitas masyarakat yang memiliki penghasilan harian di Kota Balikpapan.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top