Ekbis

Ramadan dan Idulfitri 1442 H, Trafik Data Telkomsel Pamasuka Tumbuh 44 Persen

Peningkatan trafik layanan data selama Ramadan dan Idulfitri 2021 (foto; kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Selama momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini, Telkomsel area Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan (Pamasuka) mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 2.41 Petabyte (PB), atau tumbuh 44 persen dibanding momen yang sama tahun lalu.

Melalui siaran pers yang disampaikan, Rabu (19/5/2021), Vice President Network Operation and Quality Management Telkomsel Area Pamusuka A Moelky Furqan mengatakan berdasarkan pantauan Telkomsel di Pamasuka, untuk trafik layanan data periode Lebaran 2021, tercatat lonjakan sekira 34 persen dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya. Hal tersebut juga didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual guna mengikuti imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus Covid-19 dengan tidak melakukan aktivitas mudik saat momen Idulfitri tahun ini.

“Untuk layanan SMS mengalami penurunan sebesar 20 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat penurunan trafik layanan suara sebesar 5.7 persen dibandingkan hari biasa,” jelasnya.

Moelky lebih lanjut menambahkan, Telkomsel Pamasuka juga mencatat platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Untuk layanan digital terdepan dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 141 persen.

Secara umum masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 1442 H ini juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring, seperti video streaming yang tumbuh sekira 5 persen, dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming tercatat tumbuh 5.9 persen dan social media terjadi penurunan 1.4 persen, dibandingkan dengan hari biasa.

“Kami merasa sangat senang dan bersyukur dapat selalu mendampingi pelanggan selama Ramadan dan Idulfitri. Kami tetap berharap pandemi Covid19 segera berakhir, sehingga dapat kembali berkumpul bersama dan beraktivitas dengan normal dalam Ramadan dan Idulfitri berikutnya,” pungkas Moelky. (*)

To Top