
KOTAKU, BALIKPAPAN-Mau ganti motor keren gak perlu nunggu Tahun Baru, sekarang pun bisa bergaya dengan motor-motor impian. Sudah barang tentu solusinya motor Yamaha.
Ya, selama Oktober, Yamaha Kaltim lagi promo besar-besaran, bukan hanya harganya namun motor dengan nama besarnya pun sudah siap diboyong pulang ke rumah.
PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) Main Deler Yamaha Kaltimtara, kali ini benar-benar membuat Yamaha lover terkesima.
Betapa tidak, motor NMAX “Turbo” yang paling keren saat ini bisa dengan mudahnya di awa pulang. Bukan NMAX “Turbo” saja, tapi Yamah lexi LX 155 pun siap.
Asisten Manajer PT STSJ Kaltim, Efendy Ariadi menerangkan, selama Oktober Yamaha Kaltim memang banyak memberi kejutan buat seluruh lapisan masyarakat.
“Selama Oktober ini kami memang banyak memberikan promo yang betul-betul jangan sampai terlewatkan. Bayangin saja, kalian bisa bawa pulang dengan persyaratan ringan untuk motor super canggih Yamaha NMAX “Turbo” dan Lexi LX 155,” ujar Efendy Ariadi, Selasa (15/10/2024).
Bagaimana tidak mudah bawa pulang motor Impian tersebut? Untuk bawa pulang Nmax “Turbo” hanya butuh uang muka Rp3 jutaan. Dengan uang muka tersebut, angsuran yang dikenakan hanya Rp1 jutaan.
Demikian pula halnya buat yang mengimpikan Yamaha Lexi LX 155. Cukup bayar uanga muka Rp700 ribu, dengan angsuran bulan Rp1 juta maka Yamaha Lexi LX 155 siap mendarat di halaman rumah.
“Semua ini memang spesial buat kalian Yamah lover di Kaltim. Jadi tunggu apalagi untuk bawa pulang motor hebat ini baik Yamaha NMAX “Turbo” atau Lexi LX 155. Buruan merapat ke diler terdekat, urus administrasinya dan siap-siap menyambut Tahun Baru dengan motor baru,” ungkap Efendy.
Rupanya, promo-promo yang menggiurkan bukan itu saja karena Yamaha juga tetap memberikan garansi rangka selama lima tahun. Ini menjadi bukti jika Yamaha Semakin di Depan.

Berikut adalah berbagai sentuhan pembaruan NMAX “Turbo” terutama bagian sektor jantung pacu :
- Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT)
Perbedaan yang paling menonjol NMAX “Turbo” adalah penggunaan teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional. Cara kerjanya memanfaatkan Roller dengan gerak sentrifugal. YECVT sendiri bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator serta beberapa Sensor yang mendapatkan garansi dua tahun dan memiliki fungsi sebagai berikut:
- Transmission Control Unit (TCU): Mengatur pergerakan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU)
- ECVT Motor : menggerakan Pulley Primary
- Sensor Motor Position (Primary): Mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU)
- Speed Sensor (Secondary): Mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU
Sementara untuk kompenen penggerak YECVT, terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan juga Gear Reduction Driven yang seluruh komponen tersebut mendapatkan garansi tiga tahun. Diameter Pully juga di desain lebih besar 10mm, V-belt lebih lebar 0,8mm, dan Spring Secondary yang lebih Panjang 48.7 mm serta lebih keras 163N area CVT NMAX “Turbo” sehingga membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif.
Dengan penambahan teknologi YECVT NMAX “TURBO” membuat skutik ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung kualitas berkendara di level tertinggi, yaitu Riding Mode dengan 2 pilihan berkendara yang meliputi S-Mode (untuk perjalanan jarak jauh atau touring) dan T-Mode (untuk mobilitas perkotaan) serta Y-Shift yang membantu pengendara meningkatkan akselerasi ataupun deselerasi secara instan dalam 3 tingkatan, Low (1), Medium (2) dan High (3).
- Body Cylinder
Selain adanya YECVT, mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru pada NMAX “Turbo” kini juga memiliki dinding Cylinder yang dibuat sehalus mungkin (Mirror Bore Cylinder) untuk meminimalisir gesekan dan megurangi “oil loss”. Efeknya suara mesin pun menjadi lebih halus dan minim vibrasi - Crankshaft & Rotor Assy
Perubahan lain mesin NMAX “Turbo” juga terdapat pada dimensi Crankshaft secara total yang kini menjadi lebih panjang, yaitu 301,4mm berbanding 283,8mm dengan NMAX generasi sebelumnya. Perubahan ukuran tersebut terjadi untuk mengakomodir komponen baru yaitu YECVT Gear yang terpasang di area CVT motor. Selain Crankshaft, Rotor Assy motor juga kini menjadi lebih compact baik dari segi dimensi total yang kini berukuran 43,75mm (NMAX sebelumnya 44,2mm) maupun juga bobot yang kini menjadi 1.130 gr (NMAX sebelumnya 1.250 gr). Adanya efisiensi pada bagian rotor assy pun mampu mengurangi beban mesin sehingga berimbas positif kepada torsi yang naik. - Camshaft
Bagian Camshaft pada NMAX “Turbo” juga turut mendapat sentuhan pembaruan. Jika generasi NMAX sebelumnya pin dowel yang berfungsi sebagai dudukan sprocket cam chain dibuat terpisah, kini menjadi satu kesatuan (build in) dengan Camshaft. Efeknya menjadi lebih rigid sehingga lebih minim gesekan. - Hydraulic Tensioner
Salah satu perubahan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang dipakai oleh NMAX “TURBO” ada bagian tensioner. Jika mesin generasi sebelumnya gate stopper (bantalan untuk menekan rantai keteng) hanya ditekan oleh per dan tuas, kali ini proses penekanan dilakukan degan mengkombinasikan per dan juga oli, atau disebut dengan istilah Hydraulic Tensioner. Penggunaan Hydraulic Tensioner, membuat kinerja mesin menjadi lebih minim vibrasi dan suara lebih halus saat beroperasi. - Jalur Oli Baru
Salah satu perubahan signifikan mesin NMAX “Turbo” adalah jalur oli baru. Mesin NMAX sebelumnya, jalur oli hanya untuk menyuplai pelumasan bagian Cylinder Head dan Cylinder Body saja, namun kini ditambah bagian Hydraulic Tensioner dan juga komponen YECVT Gear. Dengan adanya jalur oli baru ini, maka desain Crankcase menjadi berbeda dengan mesin Blue Core 155cc yang digunakan oleh skutik MAXi Yamaha lainnya. (*)
