
KOTAKU, BALIKPAPAN-Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan kembali menunjukkan prestasi gemilang di kancah nasional dengan meraih penghargaan sebagai penyelenggara inovasi pelayanan publik terbaik tahun 2024.
Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, 8 Oktober 2024 lalu.
Penghargaan ini diterima oleh Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan Ahmad Muzakkir, yang didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan H Muhaimin.
Prestasi ini diakui sebagai bentuk apresiasi atas komitmen Pemkot Balikpapan dalam memberikan pelayanan publik yang inovatif dan berkualitas.
“Ini merupakan apresiasi besar dari pemerintah pusat kepada Pemkot Balikpapan. Kami berharap penghargaan ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar Ahmad Muzakkir usai menghadiri acara syukuran peringatan ulang tahun H Muhaimin di aula Balai Kota Balikpapan, Rabu (9/10/2024).
Ahmad Muzakkir menyampaikan, penghargaan ini sekaligus membuktikan bahwa Pemkot Balikpapan konsisten dalam mengutamakan pelayanan publik yang berkualitas dan berinovasi.
Meski secara detail dia mengaku belum melihat keseluruhan hasil evaluasi, penghargaan ini menegaskan bahwa pemerintah pusat telah melakukan penilaian yang objektif dan menyeluruh.
Kota Balikpapan pun berhasil masuk dalam jajaran lima besar kota terbaik di Indonesia sebagai penyelenggara inovasi pelayanan publik.
“Penghargaan ini bukan hanya sekadar pencapaian, tapi juga bukti bahwa langkah-langkah inovasi yang kami terapkan telah diakui secara nasional. Kami juga diminta oleh pemerintah pusat untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya aktivitas yang memerlukan pelayanan publik,” tambahnya.
Lebih lanjut, Ahmad Muzakkir menegaskan komitmen Pemkot Balikpapan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.
Mengingat Balikpapan merupakan kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, peningkatan kecepatan dan kualitas pelayanan publik menjadi prioritas penting yang perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan.
Sebagai kota yang strategis dalam mendukung pembangunan IKN, Balikpapan dihadapkan dengan tantangan besar dalam penyediaan layanan publik yang cepat, efektif, dan berkualitas.
Oleh karena itu, Pemkot Balikpapan bertekad untuk terus melakukan inovasi dan memperbaiki setiap aspek pelayanan publik, guna memastikan bahwa masyarakat mendapatkan akses layanan yang terbaik.
Keberhasilan ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi seluruh jajaran pemerintah daerah untuk lebih serius dalam menghadirkan layanan yang prima bagi warga. Pemkot Balikpapan berkomitmen untuk terus mengoptimalkan setiap potensi yang ada demi menciptakan pelayanan publik yang mampu bersaing untuk tingkat nasional maupun internasional. (*)
