pegadaian
Ekbis

BI Balikpapan Gairahkan Ekosistem Keuangan Digital dengan Kompetisi QRIS Jelajah Indonesia

Mahdi Abdillah (topi hitam) bersama para peserta QRIS Jelajah Indonesia (kotaku.co.id/ryan)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Balikpapan mengajak konten kreator dan jurnalis terlibat dalam menguatkan ekosistem keuangan digital, melalui program QRIS Jelajah Indonesia.

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard, merupakan suatu metode transaksi yang praktis.

Program QRIS Jelajah Indonesia dibalut dalam bentuk kompetisi, untuk mengkampanyekan QRIS dan berbagai inisiatif digitalisasi sistem pembayaran lainnya.

Program ini dibuka secara resmi oleh Deputi Kepala Perwakilan BI Balikpapan Mahdi Abdillah, kantornya, Sabtu (6/7/2024).

“Selamat datang dalam persiapan kompetisi dan pembukaan QRIS Jelajah Indonesia.

Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kontribusi peserta dalam kegiatan ini,” ujar Mahdi Abdillah, saat menyapa para peserta kompetisi, baik para konten kreator maupun jurnalis yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Ia menjelaskan, BI merupakan satu-satunya lembaga otoritas pembayaran di Indonesia, yang banyak menginisiasi inovasi keuangan digital. Salah satunya QRIS.

“Nah kali ini, seluruh 46 Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPwDN) BI, secara bersama-sama melaksanakan QRIS Jelajah Indonesia,” ungkapnya.

Dijelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan sistem digitalisasi pembayaran, serta mempercepat integrasi ekonomi dan keuangan digital.

Menurutnya, kompetisi QRIS Jelajah Indonesia membuktikan digitalisasi sistem pembayaran berjalan dengan pengembangan inovasi secara berkelanjutan.

“Kegiatan ini cukup menantang. Karena di Kota Balikpapan, pengaplikasian QRIS sudah bagus.

Nanti kampanye yang dilakukan peserta tidak hanya QRIS melulu. Akan disinergikan dengan inovasi-inovasi BI yang lain,” ulasnya.

Ia mencontohkan inovasi lain BI seperti Bi-Fast, yakni sistem pembayaran yang dibangun oleh BI untuk menciptakan transfer uang secara aktual atau real time, dengan biaya yang lebih murah, aman, dan efisien.

Lebih jauh, Mahdi menerangkan inovasi BI lainnya seperti Kartu Kredit Indonesia (KKl), Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT), Elektronifikasi, Cinta Bangga dan Paham (CBP) Rupiah, manajemen risiko, perlindungan konsumen, serta program Keamanan dan Ketahanan Siber (KKS).

Dalam kesempatan itu, para peserta mendapat materi dari konten kreator Balikpapan, yakni Zwageri Silva atau yang akrab disapa Dapy, untuk meningkatkan kualitas konten-konten yang akan diproduksi para peserta.

Selain itu, KPw BI Balikpapan juga membuka kompetisi pembuatan artikel, yang dapat diikuti para jurnalis. Hadiahnya mencapai belasan juta rupiah.

“Dengan semangat Sportivitas, kami mengajak seluruh peserta mengikuti setiap momen, karena pasti banyak pengalaman yang seru dalam konsep QRIS Jelajah Indonesia.

Dengan ini, QRIS Jelajah Indonesia secara resmi saya buka,” tutupnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
To Top