Metro

Bus Damri Bikin Sejarah!!! Buka Rute Balikpapan-IKN, Segini Tarifnya

KOTKAU, BALIKPAPAN-Tercatat mulai hari ini, Selasa (1/11/2022) angkutan transportasi jenis Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Damri) resmi mengaspal dari Balikpapan menuju Ibu Kota Negara (IKN). Kepala Badan Pengelola Transportasi (BPTD) Wilayah XVII Kaltim-Kaltara (Kaltimra) Muis Thohir di sela-sela peluncuran mengatakan, rute baru ini untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara yang terletak di kawasan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).

Dengan dibukanya rute baru itu, maka masyarakat tidak perlu risau menuju IKN. Balikpapan sebagai kota penyangga, menjadi pioner mengawali dibukanya jalur transportasi umum itu. Bus beroperasi mulai hari ini hingga akhir tahun atau 31 Desember mendatang. Perusahaan Umum (Perum) Damri sebagai pemenang tender menyediakan 15 armada. Bus Damri dengan kapasitas 25 penumpang itu akan mengantarkan para penumpang dari Balikpapan dengan tujuan akhir pintu portal IKN yang terletak di Sepaku.

“Kami menyediakan sebanyak 15 unit bus medium dengan 25 seat atau penumpang yang akan melayani rute mulai dari Pelabuhan Semayang–Bandara Sepinggan–Terminal Batu Ampar–Jalan Soekarno-Hatta Tol Km 13 Karangjoang–Tol Samboja–Sepaku IKN,” terangnya kepada wartawan, Selasa (1/11/2022).

Bus itu mulai melayani pukul 06.00-17.00 Wita. Keberangkatan sudah terjadwal sehingga tidak menyesuaikan penumpang. Diharapkan dengan terjadwal akan menarik minat masyarakat.

Lantaran mulai berangkat pagi hari dan melintasi pusat kota bisa saja terjebak dengan kemacetan. Terkait itu, akan dicarikan solusi lantaran bukan merupakan kendaraan prioritas dan tidak memiliki jalur khusus.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top