Corak

Dari Pemangku Adat Paser Balik untuk Pembangunan IKN

KOTAKU, BALIKPAPAN-Rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan sebuah upaya proses percepatan pembangunan, pemerataan, dan pemberdayaan kawasan Indonesia Timur.

Penetapan IKN diharapkan dapat sebagai katalis untuk menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di Pulau Kalimantan dan wilayah Indonesia Timur secara umum.

Dalam proses perencanaan dan pembangunan IKN tersebut, dalam lampiran Undang-Undang Nomor 3 tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara disebutkan bahwa salah satu indikator keberhasilan pembangunan adalah tingkat inklusivitas, dalam hal ini pengikutsertaan peran masyarakat setempat sebagai pelaku utama pembangunan.

Salah satu tokoh adat suku Paser Balik, Sibukdin menyampaikan bahwa masyarakat suku Paser Balik mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam pembangunan IKN.

“Dengan hadirnya IKN ini, diharapkan akan membawa berkah serta perbaikan bagi masyarakat baik itu bidang kesejahteraan, pendidikan, budaya, maupun sektor lainnya,” kata Sibukdin yang tinggal di Kelurahan Sepaku, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kepada wartawan, Sabtu (13/8/2022).

Mewakili masyarakat suku Paser Balik ia menyatakan siap mengawal dan menjaga proses pembangunan IKN tentunya dengan tetap memperhatikan eksistensi kelestarian dan perlindungan terhadap adat istiadat suku Paser.

Pembangunan IKN tetap mengedepankan konsep pembangunan hijau dan pertumbuhan berkelanjutan agar tetap terpelihara kelestarian lingkungan hidup bagi masyarakat setempat. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top