Ekbis

Derap Langkah Tokopedia terhadap Perekonomian Kaltim

(ki-ka); External Communications Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dan Regional Growth Expansion Senior Lead Tokopedia Yanuar Rakhmad saat membuka tanya jawab dengan awak media, Kamis (12/12/2019) (foto:kotaku.co.id/run)



KOTAKU, BALIKPAPAN-Saat marketplace berlomba menggeber promo belanja murah edisi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dengan memanfaatkan momentum tanggal cantik, Tokopedia justru mengumumkan peran pentingnya terhadap perekonomian berdasarkan hasil riset LPEM FEB Universitas Indonesia. Tidak terkecuali di Kaltim.

“Karena menurut kami semua tanggal itu cantik dan setiap bari belanja di Tokopedia dapat harga murah,” seru External Communications Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya saat jumpa media di Aston Hotel and Residence, Kamis (12/12/2019). Di Kaltim misalnya, sebut dia, warga yang belanja di Tokopedia menikmati harga murah hingga 19 persen. Posisi tahun 2018.

Tokopedia merupakan marketplace yang mengkhususkan sellernya khusus dari dalam negeri.

Adapun kontribusinya terhadap perekonomian khususnya di Kaltim hingga tahun 2018 dimulai dari terciptanya lapangan kerja bagi 13.410 pekerja. Peranan lainnya yakni meningkatnya volume penjualan para pedagang di Kaltim hingga tahun 2018 yakni sebesar 35,71 persen. Terbesar keempat setelah Gorontalo yang tumbuh 55,09 persen, Sulawesi Utara yang tumbuh 36,67 persen dan Jambi dengan pertumbuhan penjualan sebesar 41,88 persen.

Yang menarik, lanjut dia memberi keterangan, 35,9 persen konsumen di Kaltim merupakan segmen produktif. Kegiatan belanja dilakukan untuk kebutuhan produksi. Secara akurasi Ekhel karib ia disapa mengatakan, generator energi terpopuler dan mesin merupakan produk terpopuler yang dijual di Kaltim.

Bersamaan dengan itu, pihaknya juga mengembangkan layanan inisiatif lokal yakni Tokopedia Center. Di Kaltim, layanan tersebut hadir di kawasan niaga Balikpapan Super Block dan Samarinda Center Plaza. “Tokopedia Center menghadirkan pengalaman berbelanja secara online-to-offline (O2O), membayar tagihan atau pembelian tiket, mencari informasi tentang cara menggunakan aplikasi Tokopedia, belanja secara interaktif, hingga mencari inspirasi untuk mulai usaha online,” imbuh Regional Growth Expansion Senior Lead Tokopedia Yanuar Rakhmad. Yang terpenting, pengunjung yang melakukan transaksi di Tokopedia Center juga akan mendapatkan berbagai promo yang menarik. “Selanjutnya, kami juga akan menghadirkan Tokopedia Rural yang akan menjangkau desa-desa,” pungkasnya. (run)

To Top