Parlementaria

DPRD Balikpapan Fasilitasi Pelajar Lolos Seleksi Parlemen Remaja DPR RI

Achmad Bagus Syaifullah

KOTAKU, BALIKPAPAN-Seorang pelajar SMK Airlangga Balikpapan lolos seleksi untuk mengikuti Parlemen Remaja DPR RI yang digelar Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI secara virtual.

Plt Sekretaris DPRD Balikpapan Irvan Taufik mengatakan, kegiatan Kesekretariatan DPR RI memberikan kesempatan kepada pelajar tingkat SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia untuk bisa mengikuti even nasional bertajuk Parlemen Remaja DPR RI. “Balikpapan ada satu orang yang lolos seleksi,” jelasnya saat ditemui di Gedung DPRD Balikpapan, Selasa (14/9/2021).

Irvan mengatakan kegiatan ini berkaitan dengan kedewanan, sehingga DPRD Balikpapan memberikan fasilitas. Apalagi pelajar yang lolos seleksi tersebut tidak mempunyai fasilitas yang memadai.

Kegiatan yang berlangsung 13-17 September 2021 memungkinkan pelajar memahami tugas anggota DPRD sejak usia muda. “Makanya kami membantu dengan memberikan fasilitasnya, seperti laptop, internet, tempat, serta fasilitas lainnya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, pelajar yang lolos seleksi tersebut yakni Achmad Bagus Syaifullah asal SMK Airlangga Balikpapan mwmgaku senang mendapatkan pengetahuan politik saat usia muda.

“Motivasi ikut Parlemen Remaja DPR RI, untuk mencari hal baru dan menambah pengetahuan semasa muda untuk bekal masa depan,” ujar pelajar kelas 11 jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Lanjut Achmad sapaan karibnya, kegiatan itu juga untuk menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan, khususnya bidang politik. “Ke depan tujuannya sebagai upaya menambah wawasan dan relasi untuk masa depan,” imbuhnya.

Ia menuturkan, Parlemen Remaja DPR RI kali pertama diikuti dan berharap bisa mempelajari lebih dalam. Mengingat, dari keluarga tidak satu pun yang terjun dalam bidang politik.

Ditambahkan anak pertama dari tiga bersaudara, anak pasangan Muchlisyanto dan Ina Setiawati bisa mengikuti Parlemen Remaja DPR RI tidak mudah, karena bersaing dengan pelajar di seluruh wilayah Kaltim. Tak hanya itu, dalam tahap seleksi akan beradu dengan pelajar seluruh Indonesia.

“5.438 peserta dari 80 Daerah Pemilihan (Dapil) di 34 provinsi di Indonesia. Dilakukan seleksi, terpilih 131 peserta dengan nilai terbaik masing-masing provinsi. Kaltim ada dua peserta yang lolos seleksi untuk bisa mengikuti kegiatan ini,” ungkapnya.

Kembali ia menuturkan satu peserta asal Kaltim yang mengikuti kegiatan ini merupakan pelajar dari Kabupaten Berau yakni Arya Ramadhan Pratama.

“Saya berharap bisa difasilitasi dan diberikan kesempatan untuk bisa berkunjung ke DPR RI di Jakarta, seperti peserta-peserta lain sebelum pandemi Covid 19. Mudah-mudahan saya diberi kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan saya hingga ke DPR RI,” terang pelajar berusia 17 tahun ini.

Warga Jalan Pandan Arum Kelurahan Karang Jati Balikpapan Tengah ini mengikuti kegiatan mulai pukul 08.00-17.00 WITA yang difasilitasi oleh Sekretariat DPRD Balikpapan, setelah mengajukan permohonan bantuan kepada DPRD Balikpapan. “Alhamdulillah Sekretariat DPRD Balikpapan bisa memfasilitasinya,” pungkasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top