pegadaian
Corak

International Firefighters Day 2024, KPI Balikpapan-BPBD Latihan Bersama

KOTAKU, BALIKPAPAN-PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar Sharing Session Pengoperasian Fire Truck dan Foam System dalam rangka memperingati International Firefighters Day bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan. Kegiatan ini dilaksanakan di Main Hall dan Halaman Banua Patra PT KPI Unit Balikapapan.

Pjs Section Head Emergency & Insurance HSSE Kukuh Santoso dalam siaran pers yang disampaikan, Minggu (7/7/2024) menyampaikan pentingnya kolaborasi serta harapan kegiatan dapat berkelanjutan.

“Mari berkolaborasi belajar bersama-sama apa yang kami punya. Nanti akan disharing berupa pengalaman dan teori dari PT KPI Unit Balikpapan dan BPBD, belajar bersama.

Nanti juga akan ada praktik, silahkan dimanfaatkan untuk kebaikan bersama. Mudah-mudahan dapat berkolaborasi lebih baik lagi. Semoga acara ini dapat terus terjalin, sekali atau dua kali setahun nanti diagendakan,” ujar Kukuh dalam sambutannya.

Kegiatan sharing session masih merupakan rangkaian kegiatan peringatan International Firefighters Day (IFFD) tahun 2024 yang sedang diperingati oleh PT KPI RU V Balikpapan.

Peserta kegiatan diikuti oleh puluhan orang terdiri dari Fire Brigade PT KPI Unit Balikpapan dan Pemadam Kebakaran BPBD Kota Balikpapan.

Senada dengan Kukuh, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Balikpapan Bambang Subagya juga menjelaskan harapannya agar kegiatan ini menjadi pengetahuan dan pengalaman baru bagi BPBD.

“Kami selama ini 99 persen kejadian masih menggunakan air karena paling banyak kebakaran. Kemudian diawal 2024 kami mengadakan tiga fire truck dan kami mendapatkan training.

Sehingga harapan kami, jika ada kejadian ring 1 RU V dapat membantu kami. Mudah-mudahan ini menjadi titik awal kolaborasi BPBD Kota Balikpapan dan Pertamina RU V,” ucap Bambang.

Menurut Bambang selain menjalin silaturahmi, kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi PT KPI Unit Balikpapan untuk terus menjalin kolaborasi dan sinergi yang baik dengan BPBD beserta Pemadam Kebakaran Kota Balikpapan.

Untuk terus bersama-sama meningkatkan keandalan dan kesiapsiagaan dalam penanganan keadaan darurat di sekitar area operasional kilang maupun Kota Balikpapan.

“Kegiatan ini penting karena memang perkembangan Balikpapan ini semakin hari semakin pesat, aktivitas masyarakat semakin tinggi sehingga potensi pemicu kebakaran juga semakin besar.

Jadi teman-teman hari ini saling sharing knowledge saya yakin ilmunya Pertamina dengan kurang lebih sama namun mungkin objeknya yang berbeda,” jelas Bambang.

Kegiatan ditutup dengan praktik lapangan yang diikuti oleh seluruh peserta. Dalam praktik tersebut diperagakan pengoperasian fire truck dan penggunaan foam system. (*)

Print Friendly, PDF & Email
To Top