Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo secara virtual memberikan arahan dalam penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik tahun 2021, bahwa penilaian kepatuhan perlu dilakukan untuk melihat kemampuan, melihat keberhasilan dan melihat kekurangan dalam proses pengembangan lembaga pelayanan publik agar semakin efektif, akuntabel dan transparan.
“Saya mengapresiasi upaya Ombudsman RI untuk melakukan penilaian, kepatuhan dalam meningkatkan pemenuhan hak masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik yang berkualitas,” ujarnya.
Kementerian, lembaga dan pemerintahan daerah, perlu memanfaatkan kegiatan ini untuk mengimplementasikan standar pelayanan publik yang lebih baik. Pasalnya, pelayanan publik merupakan bukti nyata kehadiran negara di tengah masyarakat.
“Pelayanan yang baik akan meninggalkan kesan yang baik sebaliknya pelayanan yang buruk memberikan persepsi yang buruk. Apabila kami biarkan dapat menurunkan kepercayaan dan kredibilitas penyelenggara negara,” urainya.
Sehingga penyelengara pelayanan publik perlu semakin baik, karena tuntutan masyarakat terus meningkat tidak akan ada toleransi bagi yang pelayanan lambat dan berbelit-belit serta tidak ada tempat pelayanan yang tidak ramah dan tidak responsif.
Apalagi selama pandemi Covid 19, penyelenggara pelayanan publik dipaksa bertransformasi memanfaatkan lebih banyak teknologi, untuk melakukan tugas-tugas pelayanan dengan digitalisasi pelayanan agar mempermudah akses dan memberikan pelayanan lebih cepat serta terjangkau.
“Jangan pernah merasa cukup dengan apa yang dikerjakan, karena situasi terus berubah,” serunya.
Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud usai menerima sertifikat penghargaan dan piala mengucapkan terima kasih, telah memberikan apresiasi khususnya kepada Kota Balikpapan dalam penganugerahan pelayanan publik terhadap Pemerintah Kota Balikpapan.
“Kami diberikan apresiasi sebagai pelayanan publik yang terbaik khususnya kota di Indonesia. Ini menjadi beban kami bagaimana bisa pertahankan dan memberikan pelayanan yang terbaik khusunya Pemerintah Kota Balikpapan,” jelasnya.
Wali Kota Balikpapan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo melalui Ombudsman RI dan penganugerahan ini menjadi motivasi.
Tentunya motivasi kepada seluruh kepala daerah di seluruh Indonesia untuk bisa memberikan pelayanan terbaik. Ini menjadi inovasi kepada jajaran Pemerintah Kota Balikpapan, untuk menjadi yang terbaik dalam pelayanan di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.(*)
