Metro

Mulai Hari Ini, Pemkot Balikpapan Resmi Salurkan Bantuan Uang Tunai

Simbolis penyaluran bantuan uang tunai dari Pemkot Balikpapan melalui PT Pos Indonesia cabang Balikpapan di Balai Kota, Rabu (28/7/2021) (foto:kotaku.co.id.ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Bantuan uang tunai dari Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan resmi dibagikan melalui PT Pos Indonesia cabang Balikpapan dan outlet di wilayah masing-masing berlaku mulai hari ini, Rabu (28/7/2021).

“Pembagian mulai hari ini, nanti di cabang-cabang PT Pos Indonesia. Jadi tidak harus datang kemari (Pemkot), Pos Indonesia memiliki sistem yang akan membagikan ditiap kelurahan. Jadi warga yang menerima tidak jauh-jauh dan tentunya memudahkan untuk mendapatkan haknya,” jelas Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud usai menyerahkan secara simbolis bantuan uang tunai di Balai Kota, Rabu (28/7/2021).

Dijelaskan, bantuan uang tunai ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang akan dibagikan kepada sekitar 50 ribu penerima manfaat. “Mudah-mudahan ini bermanfaat, sehingga perputaran ekonomi khususnya pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) bisa merasakan manfaat dari uang APBD turun kepada masyarakat,” ujar Rahmad.

Sasaran penerima manfaat bantuan uang tunai sudah terdaftar dalam daftar terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Namun, bagi yang tidak terdaftar dalam DTKS tetapi terdampak sesuai dengan kriteria dapat mendaftarkan ke dinas terkait. Adapun kriteria yang dimaksud, penerima manfaat usaha atau pekerjaannya ditutup akibat adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Semisal, pedagang kaki lima (PKL) yang berada di Melawai dapat mendaftarkan diri di Dinas Perdagangan, supir bandara di Dinas Perhubungan.

Ia menegaskan, bantuan diprioritaskan bagi warga Balikpapan. Apabila, terdapat warga luar Balikpapan yang berhuni di Balikpapan jika memang berhak akan diberikan sesuai kebijakan.

“Kami tidak bisa menjangkau hampir 700 ribu warga Balikpapan. Kami berharap yang mampu dapat bergotong royong bersama dan bersinergi, seperti yang dicontohkan PT KRN dengan membagikan 400 paket sembako,” ungkapnya.

Wali Kota Balikpapan ini mengingatkan kepada penerima manfaat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) saat mengambil bantuan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala PT Pos Indonesia cabang Balikpapan Taufik Dadi Marala menyampaikan data yang masuk dari Pemkot Balikpapan sebanyak 14.406 penerima manfaat. Akan tetapi, masih menunggu data tahap kedua dari Pemkot Balikpapan. “Kalau tahap satu kami sepakati dengan Dinas Sosial pelayanan selama satu bulan,” imbuhnya.

Adapun persyaratan pengambilan bantuan dengan melampirkan KTP, KK asli beserta undangan. Bagi penerima manfaat yang berhalangan hadir, namun masih terdaftar dalam satu KK bisa diwakilkan. Akan tetapi, jika disabilitas, sakit permanen Pos Indonesia akan mendatangi ke rumah penerima.

“Kalau semua penerima mendapatkan undangan. Sampaikan ke kami kalau ada penerima yang kriteria tadi kami akan ke rumah-rumah, karena kami ada proses foto untuk pelaporan ke Pemkot Balikpapan dan Dinas Sosial,” tutupnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top