
KOTAKU, BALIKPAPAN-Pantai Segara Sari Manggar terus menunjukkan peran pentingnya sebagai destinasi wisata unggulan di Balikpapan dan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.
Tahun ini, Pantai Segara Sari Manggar ditargetkan mampu menyumbang Rp6 miliar bagi kas daerah, dan hingga menjelang akhir tahun, capaian pendapatannya sudah mencapai level 90 persen.
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (DPOP) Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma mengaku optimistis target ini tidak hanya akan tercapai, tetapi juga mungkin melampaui proyeksi. “Realisasi pendapatan saat ini sudah mencapai 80-90 persen, dan kami berharap bisa melampaui target,” ujarnya.
Optimisme ini beralasan karena jelang akhir tahun, Pantai Segara Sari Manggar selalu mengalami lonjakan pengunjung, terutama saat libur momentum Natal dan Tahun Baru. “Pada Desember, pengunjung meningkat tajam. Ini berdampak positif terhadap pendapatan,” tambahnya.
Selain mengandalkan wisatawan reguler, Pantai Segara Sari Manggar kerap menjadi lokasi berbagai kegiatan, mulai dari acara gathering, Outbound, hingga bakti sosial oleh pelajar, mahasiswa, dan perusahaan.
Wisatawan tidak hanya berasal dari Kota Balikpapan, tapi juga dari kota-kota lainnya di Kalimantan Timur (Kaltim) seperti Samarinda, Bontang, dan Penajam Paser Utara (PPU) hingga Paser.
DPOP Balikpapan juga telah melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan kenyamanan pengunjung. Salah satunya adalah penerapan rekayasa lalu lintas dengan sistem satu jalur pada masa liburan besar seperti Lebaran dan Natal. Dengan sistem ini, kendaraan tidak terlalu padat, dan pengaturan arus lalu lintas menjadi lebih efektif.
Untuk mendukung lonjakan pengunjung, pengelola Pantai Segara Sari Manggar juga sedang melakukan perbaikan infrastruktur.
Fasilitas umum seperti toilet, menara pengawas, dan area pedagang diperbaiki agar lebih nyaman digunakan. Selain itu, alat pengeras suara dipasang untuk 15 titik sepanjang pantai untuk memudahkan petugas memberi imbauan terkait keselamatan, kebersihan, dan pengawasan anak-anak.
Dia juga menekankan pentingnya strategi branding Pantai Segara Sari Manggar untuk terus menarik berbagai kalangan.
Apalagi, Pantai Segara Sari Manggar menjadi favorit semua usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Karenanya, pengelola fokus memberikan pengalaman yang sesuai dengan segmentasi pengunjung.
Dengan berbagai upaya peningkatan fasilitas dan promosi, DPOP Balikpapan berharap Pantai Segara Sari Manggar dapat terus menjadi destinasi andalan dan berkontribusi lebih besar lagi bagi PAD untuk tahun-tahun mendatang. (*)
