Corak

Pertamina Perawatan Kilang, Jaga Kehandalan

KOTAKU, BALIKPAPAN-Untuk memastikan kehandalan, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan akan melakukan pekerjaan perawatan kilang atau Turn Around (TA). Pekerjaan TA ini dimulai pertenggahan Agustus 2022 sampai dengan pertengahan September 2022. Mengawali kegiatan TA tersebut, PT KPI Unit Balikpapan menyelenggarakan doa bersama, Jumat, (12/8/2022).

“TA ini merupakan salah satu pekerjaan besar di kilang. Kami sudah mempersiapkan pelaksanaan pekerjaan TA ini dengan sebaik mungkin, dan kami sudah siap untuk melaksanakannya,” kata Pjs GM KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho dalam keterangan tertulis.

Doa menurut Bayu, merupakan bentuk kepasrahan sekaligus keyakinan bahwa manusia memerlukan perlindungan dari Yang Maha Kuasa. “Atas izin Tuhan Yang Maha Esa, kami diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mempersiapkan pelaksanaan TA ini. Mudah-mudahan diawali dengan baik, akhirnya juga akan baik nanti,” harap Bayu.

Setelah pekerjaan TA ini selesai, diharapkan nantinya operasional kilang akan menjadi lebih baik. “Semoga kilang semakin aman, semakin handal dan semakin memberikan konrtibusi terbaik. Semua ini demi menjalankan amanah untuk penyediaan energi untuk bangsa dan negara. Mudah-mudahan hasil tidak akan menghianati ikhtiar yang sudah dilaksanakan,” katanya.

Doa yang diselenggarakan di halaman kantor besar KPI Unit Balikpapan tersebut dihadiri oleh pekerja, mitra kerja serta para kontraktor yang akan terlibat dalam pekerjaan. Selain diisi dengan tausiah dan doa bersama, PT KPI Unit Balikpapan juga menyalurkan bantuan.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan bahwa pekerjaan TA ini juga memerlukan dukungan dari segenap pemangku kepentingan.

“TA ini merupakan salah satu program yang sangat penting bagi Kilang. Untuk itu kami juga mohon doa dan dukungan segenap pemangku kepentingan agar TA dapat berjalan dengan lancar,” kata Chandra.

Sebelumnya dalam rangka TA, PT KPI Unit Balikpapan juga menyelenggarakan doa bersama masyarakat di Masjid Baitul Rahmat Kelurahan Baru Ilir, Musala Ar-Ramadhan Kelurahan Margasari dan Musala Nurul Bahri di Kelurahan Karang Jati. “Kami masih ada rencana doa bersama lagi di Kelurahan Baru Tengah,” katanya.

Menurutnya, doa bersama masyarakat sekitar kilang juga merupakan bentuk silaturahmi. “Operasional kilang berdampingan dengan masyarakat. Kami mengajak warga ring I untuk bersama-sama melantunkan doa, agar operasional kilang dapat berjalan dengan aman dan lancar serta semua diberikan perlindungan,” kata Chandra.

Pelaksanaan TA memang memerlukan kesiapan dalam aspek teknis, namun sebagai umat beriman, doa merupakan salah satu cara menyempurnakannya. “Aspek teknis termasuk HSSE telah persiapkan, dan doa ini semoga menjadi penyempurnanya. Semoga TA dapat berjalan dengan aman, lancar dan selamat,” tutupnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top