Metro

Plaza Balikpapan Sosialisasi Syarat Masuk Mal Wajib Vaksin

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sempat menjadi pembicaraan netizen Kota Balikpapan di media sosial terkait pemberitahuan scan barcode peduli lindungi di Plaza Balikpapan. Terkait itu, General Manager Plaza Balikpapan Aries Adrianto memberi pencerahan.

“Itu hanya sosialisasi sebagai bentuk persiapan penerapan peduli lindungi untuk masuk mal. (aturan itu) Ssudah berjalan kan Jawa dan Bali wajib semua, masuk mal pengunjung harus vaksinasi. Dan itu (pemberitahuan) dipasang dari Jumat (10/9/2021),” jelasnya saat dihubungi Kotaku.co.id, Minggu (12/9/2021).

Sosialisasi tersebut dilakukan menyusul adanya ketentuan terbaru. Yakni, masuk dan berkunjung ke mal wajib vaksin. Dengan kata lain, hanya yang sudah mengikuti vaksinasi yang bisa masuk mal. Caranya dengan menunjukan bukti vaksinasi dari PeduliLindungi.id. Pengecekan akan dilakukan secara digital melalui QR Code yang ada pada akun PeduliLindungi.

“Nanti pengunjung kalau sudah ada aplikasi peduli lindungi tinggal scan barcode nanti akan keluar tanda check in,” jelas Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Kaltim ini.

Disinggung rencana diterapkannya ketentuan tersebut, Aries mengaku menunggu instruksi pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag). “Tapi minggu kemarin sudah ada signal untuk luar Jawa dan Bali agar dipersiapkan,” tambahnya.

Yang jelas, pihaknya sudah melakukan antisipasi.

“Kami training semua (petugas keamanan) supaya pengunjung memakai itu. Yang kami takutkan yang HP-nya tidak support (bukan smartphone, Red), itu yang kesulitan,” akunya.

Antisipasi lain yakni menggelar promo shopping dan memberi kemudahan berbelanja via online. Itu karena ketentuan tersebut berpotensi menahan laju pertumbuhan jumlah pengunjung.

“Seperti kota di Jawa terjadi begitu, tingkat kunjungan akan lambat naiknya,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top