Metro

Rapat Paripurna Wali Kota Baru, DPRD Balikpapan Batasi Jumlah Undangan dan Media

Plt Sekwan Balikpapan Sudirman Djayaleksana (tengah) memimpin pertemuan persiapan Rapat Paripurna ke 22 Masa Sidang II tahun 2021, Senin (31/5/2021).(foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Rapat Paripurna ke 22 Masa Sidang II tahun 2021, Rabu (02/6/2021) di Ballroom Hotel Novotel dengan agenda pidato perdana wali kota baru, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan membatasi jumlah undangan termasuk media yang akan meliput.

“Mengingat situasi masih dalam suasana Covid 19, sehingga acara di Novotel kami batasi. Pembatasan untuk undangan terkait protokol kesehatan (prokes) yang harus kami terapkan,” ujar Plt Sekretaris DPRD Balikpapan Sudirman Djayaleksana, di Ruang Rapat Gabungan, Senin (31/5/2021) malam.

Dijelaskan, Ballroom Hotel Novotel hanya diperbolehkan menampung 50 persen atau sekitar 200 orang dari total kapasitas. Jumlah itu meliputi anggota DPRD, tamu undangan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan tamu undangan lain.

Pun begitu untuk jumlah media.

“Kami mohon pengertian kepada teman media karena keterbatasan ruang dan menjaga prokes. Jangan sampai kami euforia menyambut wali kota baru tapi malah ketemu persoalan melanggar prokes. Media akan kami siapkan tempat di luar, nanti akan kami pasang layar,” urainya.

Sudirman berharap rapat paripurna bisa berjalan tertib dan khidmat.

Dalam kesempatan yang sama Kasubbag Humas DPRD Balikpapan Yoseph Gunawan menuturkan kegiatan paripurna yang akan berlangsung Rabu mendatang sudah dipersiapkan.

“Publikasi memang sifatnya harus disebarluaskan, apalagi kegiatan ini merupakan momen penting atau ditunggu. Mengingat pers bertugas untuk mendapatkan berita. Namun, untuk menerapkan prokes maka tidak semua media dapat meliput secara langsung,” ulasnya.

Pembagian media untuk peliputan terdiri tiga kelompok. Ring satu yakni yang berada di dalam ruang Ballroom Hotel Novotel khusus media cetak. Selanjutnya, ring dua berada di luar ruang Ballroom disiapkan untuk 10 media dan selebihnya mengikuti secara virtual.

“Kami mohon pengertiannya. Kami harap kepada teman media yang berada di ring satu dan dua menggunakan atribut dari media masing-masing selain menggunakan id card yang diberikan,” terangnya.(*)

To Top