
KOTAKU, BALIKPAPAN-HUT Yamaha setiap Juli selalu dirayakan dengan berbagai program dan kegiatan yang menarik.
Termasuk HUT ke-68 Yamaha Motor Company 1 Juli dan HUT ke-49 Yamaha Indonesia Motor Manufacturing 6 Juli.
Mengusung tema ‘Restart & Revs Up, ulang tahun kali ini dirayakan dengan kompetisi foto yang dibuka untuk umum.
Tidak hanya itu, program bagi konsumen juga turut hadir melalui My Yamaha Motor Members yang menerapkan double poin serta ekstra poin, untuk setiap pembelian motor, spare part, maupun apparel resmi Yamaha selama periode Juli.
Semarak ulang tahun Yamaha tahun ini ternyata juga turut diwarnai oleh konsumen yang menggelar kegiatan riding bareng dalam bentuk touring atau pun sunmori.
Tidak tanggung-tanggung, jumlah konsumen yang ambil bagian mencapai 2 ribu. Digelar serentak 20 kota besar di Indonesia, 15-16 Juli 2023.
Adapun kota-kota tersebut meliputi Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Bali, Jambi, Madiun, Kediri, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Lampung, Bangka-Belitung, Makassar, Palu, Manado, Banjarmasin dan juga Pontianak.

“Ini menjadi bukti bahwa produk Yamaha begitu dicintai. Karena selain hampir setengah abad hadir menemani perjalanan masyarakat Indonesia, beragam pilihan produk yang lengkap serta terus di-update terbukti mampu menjawab kebutuhan mobilitas dan gaya hidup konsmen yang terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi,” ungkap Asisstant General Manager Marketing – Public Relation PT YIMM Antonius Widiantoro, dalam keterangan tertulis yang disampaikan, Kamis (20/7/2023).
Pulau Bali menjadi wilayah dengan jumlah partisipan touring terbanyak yang merayakan HUT Yamaha.
Mengangkat tema Classy Yamaha Day diikuti lebih dari 500 biker gabungan pengguna Fazzio Hybrid Connected dan juga Grand Filano Hybrid Connected.
Melakukan sunmori dengan rute Denpasar menuju dataran tinggi Kintamani, sembari melakukan kopdar gabungan yang melibatkan beberapa komunitas Classy Yamaha di Pulau Dewata.
Selain Bali, touring akbar yang tidak kalah meriah juga dilakukan oleh puluhan biker pengguna sepeda motor Yamaha di Bandung, Jawa Barat.
Selain menggelar Rolling City yang turut diikuti oleh Public Figure, yaitu Eddi Brokoli dan juga musisi Phopi RA, dalam momen itu para peserta menyempatkan diri untuk membagikan coklat kepada masyarakat di Jalan Asia-Afrika, Bandung, sembari membuat konten untuk disertakan dalam Yamaha Day Photo Competition.
Sementara beberapa wilayah lain, gelaran touring untuk memeriahkan HUT Yamaha ini ternyata juga turut dimanfaatkan untuk mempromosikan kearifan budaya lokal.
Contohnya di Cirebon, para biker Yamaha melakukan kegiatan membatik di pusat sentra batik tulis Trusmi.
Sama halnya dengan Medan, seluruh peserta yang riding mengenakan batik sembari mengeksplor makanan khas Sumatera Utara sebagai bentuk promosi dan dukungan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Berbagai rangkaian keseruan HUT Yamaha atau Yamaha Day 2023 masih terus berlanjut dengan berbagai promo dan program yang berlaku hingga akhir Juli mendatang. (*)
