Metro Advertorial

Strategi Penguatan Pariwisata 2025 DPOP Balikpapan

rute Balikpapan-Brunei Darussalam yang resmi dibuka Februari lalu dukung strategi DPOP Balikpapan dalam meningkatkan konektivitas penerbangan internasional demi pacu wisatawan (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan telah menyusun berbagai program strategis guna mendorong pertumbuhan sektor pariwisata tahun 2025.

Program ini mencakup peningkatan atraksi wisata, penguatan acara serta strategi promosi yang bertujuan menarik lebih banyak wisatawan dari luar daerah maupun mancanegara.

Kepala DPOP Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma, menjelaskan bahwa upaya ini dilakukan untuk meningkatkan daya tarik kota sebagai destinasi wisata unggulan di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Banyak program yang sudah kami siapkan. Salah satunya adalah penguatan atraksi di destinasi wisata. Selain itu, kami juga akan lebih banyak mengadakan acara.

Seperti Balikpapan Fest yang kemarin sukses diselenggarakan,” ujar Ratih dalam wawancara, Rabu (5/3/2025).

Dijelaskan, salah satu agenda besar yang akan digelar tahun ini adalah pemilihan Duta Wisata Nasional. Ajang ini diharapkan mampu meningkatkan citra pariwisata Balikpapan serta menarik perhatian wisatawan dan pelaku industri pariwisata dari berbagai daerah.

Selain itu, DPOP Balikpapan juga berupaya memperkuat berbagai even lokal maupun nasional untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Acara-acara ini tidak hanya bertujuan menarik wisatawan, tetapi juga berdampak positif bagi sektor perhotelan, kuliner, dan ekonomi kreatif.

Ratih sapaan akrabnya juga mengakui bahwa efisiensi anggaran menjadi salah satu tantangan dalam pengembangan pariwisata di Balikpapan.

“Pastilah, terutama sektor perhotelan. Jika tidak ada acara, tentu kunjungan wisatawan ke hotel-hotel juga akan sepi,” ungkapnya.

Namun, untuk mengatasi hal tersebut, DPOP Balikpapan telah menyiapkan sejumlah langkah strategis. Salah satunya adalah menjalin kerja sama untuk meningkatkan konektivitas penerbangan internasional, sehingga wisatawan dari luar negeri lebih mudah mengakses Balikpapan.

“Kami bekerja sama dengan pihak terkait untuk membuka penerbangan internasional. Ini menjadi salah satu cara agar wisatawan dari luar bisa lebih mudah datang ke Balikpapan,” lanjutnya.

Selain meningkatkan konektivitas, DPOP Balikpapan juga berencana mengembangkan rute wisata yang lebih terstruktur guna memberikan pengalaman terbaik bagi wisatawan.

“Kami akan menggalakkan promosi rute destinasi wisata, supaya wisatawan yang datang dari luar kota atau luar negeri punya gambaran jelas ke mana saja bisa berkunjung di Balikpapan,” tambah Ratih.

Promosi ini akan dilakukan melalui berbagai platform, termasuk media sosial, kerja sama dengan Influencer, serta partisipasi dalam pameran pariwisata tingkat nasional dan internasional. (*)

To Top