Ekbis

Sudahlah!! Yamaha Aerox Paling Jago di Kelasnya, Desain Sporty Performa Paling Oke

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sejak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis generasi terbaru dari Yamaha Aerox, jelas ada perubahan secara fisik. Yakni semakin sporty, serta tersemat fitur Yamaha Connect (Y-Connect) yang membuatnya lebih canggih.

Saat media ini diberi kesempatan PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) area Kaltim selaku main dealer untuk menjajal langsung performa serta kecanggihan Yamaha Aerox dengan berkeliling Balikpapan, benar-benar mengasyikkan.

Sepanjang perjalanan dan sejauh apa pun, tertantang untuk berkendara irit. Meski kondisi jalanan seperti pada umumnya, didominasi kemacetan. Melalui aplikasi Y-Connect dan informasi pada instrumen panelnya, Yamaha Aerox berhasil mencatatkan efisiensi bahan bakar yang cukup lumayan.

Pengalaman berkendara bersama All New Aerox tak sekadar membuat nyaman, tapi selalu ingin menguji adrenaline karena gaya sportynya. Apalagi Yamaha tak mengubah sektor kaki-kaki dan ergonomi pengemudinya yang sudah pasti stabil.
Namanya juga sporty, jangan kaget jika posisi badan cenderung membungkuk saat berkendara. Yang pasti terasa ingin selalu gaspol. Pengendaliannya juga mudah lantaran Yamaha Aerox memiliki power-to-weight ratio terbaik di kelasnya. Sistem pengereman pun selalu nyaman tanpa khawatir selip.

Tapi, pengalaman paling berbeda justru ada di instrumen panelnya. Speedometer baru Yamaha Aerox ini memberikan rasa yang lebih sporty berkat dua tachometer, masing-masing di sisi kanan dan kiri. Adanya indikator “App” juga menandakan bahwa motor tersebut terhubung ke smartphone pengendaranya.

Mengenai performa, memang ada sedikit perubahan. Berkat power-to-weight ratio yang baik, Yamaha Aerox mampu berakselerasi dengan instan, terlebih ketika harus melibas kemacetan atau pun keluar dari tikungan dengan cepat. Saat menikung dengan kecepatan tinggi, suspensinya pun mampu memberi pengendalian yang stabil. Yang jelas performanya memang terasa lebih mantap dibanding pesaingnya, apalagi ada fitur VVA (Variable Valve Actuation) yang berfungsi mengatur bukaan katup, yang bertujuan menyesuaikan suplai bahan bakar ke ruang bakar.

Bicara desain, secara garis besar, Yamaha Aerox menawarkan tampilan yang sporty. Lihat saja lampu depan, leg-shield, bodi samping, dan taillight pada skuter ini dibuat meruncing. Tampilan sporty dapat memuaskan mereka yang ingin memiliki motor yang sporty, tapi tetap menginginkan kepraktisan serta kehematan bahan bakar dari sebuah skuter matik.

Pokonya Yamaha All New Aerox, sepeda motor matic yang paling “gue banget deh”. Design Sporty, nyaman dipakai akselarasi maksimal. Meski hatrus melalui jalan berbukit naik turun seperti di Balikpapan, no problem. Terlebih di track lurus, pasti akan terasa performa sebenarnya All New Aerox yang makin menguatkan jargon “Yamaha Semakin di Depan” dan tetap nyaman.

Untuk bahan bakar standar pemakaian untuk sepeda motor matic. Dengan harga yang dibilang terjangkau, puas dengan performanya, handal di jalanan. Yang penting rajin dirawat, minimal ganti oli mesin sesuai anjuran standar penggantiannya.
Buat yang suka matic dengan tampilan sporty, Yamaha All New Aerox, dibandrol on the road Baikpapan Rp27,7 juta dan Samarinda Rp27,8 juta. Terjangkau dengan performa yang ditawarkan. Yamaha All New Aerox ini worth to buy alias layak untuk dibeli Mas.. Bro.. Yamaha Lover. (*)

To Top