
KOTAKU, BALIKPAPAN-Untuk meningkatkan performa brand atau bisnis dibutuhkan strategi marketing yang relevan, sehingga mampu menjangkau pasar yang luas.
Strategi yang dirancang bisa saja lewat cara konvensional, namun teknik marketing secara modern memiliki potensi yang lebih besar. Salah satunya, teknik jitu dalam pemanfaatan internet lewat strategi digital marketing.
Perlu diketahui, digital marketing terbagi menjadi dua jenis, yaitu berbayar dan organik. Digital marketing berbayar adalah strategi yang dilakukan perusahaan untuk memasarkan produk atau jasanya, misalnya dengan membuat iklan untuk customer berdasarkan minat, usia, lokasi, atau interaksi mereka terhadap sebuah brand. Jenis-jenis paid marketing adalah Search Engine Marketing (SEM), display marketing, dan influencer marketing.
Di sisi lain, ada juga digital marketing yang tidak berbayar alias gratis. Layanan ini lebih akrab disebut Search Engine Optimization (SEO). Meski layanan ini tidak sepenuhnya gratis, tetapi tetap memiliki biaya yang lebih rendah dibandingkan Search Engine Marketing (SEM).
Menurut Co-Founder Digitalic Jarot Triguritno, Search Engine Optimization atau sering disebut dengan SEO ini cocok untuk menghasilkan prospek customer jangka panjang. Teknik SEO merupakan teknik optimasi website agar tampil optimal di mesin pencari. Saat ini, perusahaan harus mulai menjalankan SEO pada website mereka.
Hal ini dikarenakan, jika suatu perusahaan menerapkan SEO, maka produk atau jasanya akan lebih dikenal dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.
Namun, dalam menjalankan SEO tetap dibutuhkan strategi yang tepat.
Sebagai salah satu digital marketing agency yang fokus pada layanan SEO, Digitalic memiliki track record yang panjang dalam memberikan konsultasi dan juga menjadi mitra banyak perusahaan, mulai dari startup fintech, logistik, hingga e-commerce.
“Ketika Digitalic akan menjadi mitra perusahaan dalam menjalankan kampanye SEO, kami tidak langsung memberikan harapan ranking dan lainnya. Tapi, kami akan bertanya tujuan apa yang ingin dicapai. Setelah itu kami mengaudit, mulai dari kesehatan, kecepatan, kemudahan, dan keterbacaan website,” kata Jarot Triguritno, melalui siaran persnya, Rabu (1/2/2023).
Diakuinya, untuk mencari mitra atau agensi SEO perlu kehati-hatian, dan harus melihat track record, agar strategi yang dilakukan bisa berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan.
“Harapannya, banyak perusahaan mulai melirik dan menggunakan strategi SEO, sebab SEO yang baik bisa berdampak pada bisnis jangka panjang dan berkelanjutan,” pungkasnya.
Sekadar diketahui, Digitalic Indonesia
didirikan pada 2018 lalu, merupakan agensi digital marketing yang fokus memberikan layanan digital marketing. Mulai dari Search Engine Optimization, Social Media Management, Video Production, Media Publishing hingga Content Marketing. (*)
