Ekbis

Telkomsel Peduli Gempa Sulbar, Pulihkan Jaringan dan Gratiskan Panggilan Telepon

Mudahkan komunikasi korban gempa Mamuju dan Majene, Telkomsel Gratiskan Telepon dan SMS (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Telkomsel berupaya maksimal memulihkan layanan telekomunikasi akibat bencana gempa bumi berkekuatan 6,2 Magnitudo yang mengguncang Provinsi Sulawesi Barat khususnya Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju.

Tak cuma itu, para pelanggan yang terdampak bencana di wilayah tersebut mendapat paket bebas telepon dan SMS ke semua operator selama 50 menit dan 250 SMS untuk pengguna prabayar, dan bebas telepon 100 menit ke sesama Telkomsel bagi pengguna pascabayar dengan masa aktif selama tujuh hari sejak aktivasi. Paket tersebut dapat diaktifkan melalui akses UMB 88820# atau mengirimkan SMS dengan ketik SULBAR (untuk pengguna prabayar) atau SULBARKH (untuk pengguna pascabayar), lalu kirim ke 8999, dengan periode aktivasi paket hingga 31 Januari 2021.

“Telkomsel turut berduka cita atas terjadinya bencana gempa bumi di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju. Guna mempercepat proses evakuasi dan bantuan penanggulangan bencana, komunikasi menjadi sangat penting, khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi tim terkait seperti SAR, BNPB, dan TNI-Polri, dan memberi informasi terkini terkait wilayah bencana kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Mendukung kelancaran komunikasi kami mengoperasikan Mobile Backup Power (MBP) atau genset ke BTS di lokasi terdampak yang membutuhkan pendukung catuan daya listrik, serta menghadirkan paket khusus darurat gempa agar proses komunikasi dan evakuasi berjalan lancar,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin melalui siaran pers yang disampaikan Minggu (17/1/2021).

Hingga saat ini, sebut dia, masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Majene sudah menikmati layanan Telkomsel secara normal, baik itu layanan data, suara maupun SMS. Sedangkan untuk layanan telekomunikasi Telkomsel di sejumlah lokasi di Kabupaten Mamuju yang sebelumnya terjadi penurunan layanan dikarenakan terhambatnya pasokan catuan daya listrik, kini telah berangsur pulih seiring dengan percepatan mobilisasi Mobile Backup Power (MBP) atau genset dan pengoperasian tambahan Compact Mobile BTS (COMBAT) di lokasi tersebut.

Selain mendorong percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi secara menyeluruh dan menghadirkan layanan bebas telepon dan SMS untuk pelanggan di wilayah terdampak terutama di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Telkomsel juga akan segera menyalurkan bantuan sosial kemanusiaan sebagai bentuk kepedulian kepada para korban seperti bantuan logistik, antara lain makanan siap konsumsi, air mineral, obat-obatan, pakaian layak pakai, handuk, selimut dan membuka posko darurat selama 10 hari ke depan.

“Kami akan terus berupaya melakukan pemulihan jaringan telekomunikasi secara maksimal, dan memprioritaskan titik-titik vital seperti kantor pemerintahan, kepolisian, Posko Pengungsian, rumah sakit dan Posko Basarnas, agar dapat memudahkan proses evakuasi yang dilakukan oleh para relawan. Selain itu kami tengah mengirimkan tim unit siaga bencana yang bekerjasama dengan BNPB yang bernama tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity, Red) dari wilayah terdekat bencana di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju,” pungkasnya. (*)

To Top