
KOTAKU, BALIKPAPAN-Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim diganjar penghargaan Presisi Award dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) atas inovasi pelayanan publik berbasis aplikasi yakni Samsat Kaltim Delivery dan e-Samsat Bhabinkamtibmas.
Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan kepada Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kaltim Kombes Pol Singgamata SIK MH, di Samsat Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (9/7/2021).
“(mewakili masyarakat) Kami menyampaikan terima kasih kepada Polda Kaltim yang sudah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dan ini semua sangat memudahkan masyarakat,” gebunya. Menurutnya, tidak mudah membuat inovasi tersebut karena perlu kerja keras.
Samsat Kaltim Delivery merupakan layanan bagi wajib pajak yang membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan dan pengesahan STNK tahunan langsung dari genggaman. Melalui aplikasi yang bisa diunduh dari smartphone atau mengakses website.
Sedangkan e-Samsat Bhabinkamtibmas merupakan perpanjangan tangan kantor layanan Samsat. Hadir untuk melayani PKB dari lingkungan tempat tinggal wajib pajak.
Kedua terobosan tersebut memungkinkan wajib pajak tetap di rumah tanpa mengunjungi kantor layanan.
“Apalagi ada peran Bhabinkamtibmas juga dalam pelayanan itu,” ulasnya. Menurutnya, itu sejalan dengan semangat Polri untuk meningkatkan pelayanan sehingga masyarakat merasakan betul kehadiran polisi. Dan kehadiran polisi bisa memberikan pelayanan cepat di tengah-tengah masyarakat.
Tak heran bila ragam inovasi yang diciptakan sukses mendongkrak kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian.
“Saat ini, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri naik drastis dari 82,9 persen menjadi 86,2 persen. Salah satu yang membuat masyarakat semakin percaya karena banyaknya inovasi dan dilaksanakan transparan. Contohnya ETLE (kamera tilang elektronik, Red) masyarakat sangat senang karena pelayanan yang transparan, tidak ada penyimpangan, tidak ada penyalahgunaan wewenang,” paparnya penuh semangat.
Disebutkan survei dilakukan dalam rangka 100 hari pertama kerja Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Adapun survei dilakukan kepada 800 responden di seluruh Indonesia.
Ia berharap terobosan itu ditiru Polda lainnya. Lebih dari itu dia juga berharap, Polda Kaltim tidak berhenti berinovasi.
Dalam kesempatan yang sama, Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Singgamata SIK MH mengatakan penghargaan tersebut semakin membakar semangat untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.
“Kedua layanan berbasis IT, Samsat Kaltim Delivery dan e-Samsat Bhabinkamtibmas kami operasionalkan sejak 1 Juli 2021 di seluruh Polres di Kaltim. Sehingga wajib pajak tidak perlu lagi datang ke Samsat. Ini relevan dengan situasi pandemi Covid-19, yakni menghindari kerumunan. Jadi ruang pelayanan publik lingkungan Polri sebisa mungkin masyarakat tidak perlu datang,” jelasnya.
Selain mempercepat dan mempermudah, kedua layanan tersebut diklaim berhasil meningkatkan kesadaran wajib pajak membayar PKB. Disebutkan, dalam dua bulan sejak hadirnya kedua layanan digital tersebut, total PKB yang dibayarkan sebanyak 821 unit kendaraan atau meningkat 400 persen dari sebelumnya.
Terobosan berikutnya yang sedang disiapkan yakni e-Mutasi. “Jadi untuk mutasi kendaraan, tidak perlu datang ke kantor layanan,” pungkasnya. (*)
