Peristiwa

Total Korban Tugboat Blue Dragon 12 Orang, Berikut Daftarnya

KOTAKU, BALIKPAPAN-Tagboat Blue Dragon 12 dilaporkan terbakar dan tenggelam, Sabtu (23/7/2022). Selang beberapa saat setelah kejadian, Tim Rescue Kansar Balikpapan pun tiba di lokasi. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun tim rescue total korban 12 orang. 11 orang berhasil selamat dan satu orang lainya dalam pencarian.

Adapun dari 11 orang tersebut berdasarkan keterangan pers yang dikirim Basarnas sedikitnya tujuh orang yang berhasil selamat tanpa mengalami luka-luka yakni Laehe Tatampil (30) Nahkoda TB Blue Dragon 12, Asep Roni Buhroni (48) Chief Engginner, Risdinal Mitusala (50) 2nd Chief Engginner, Zulkifli (48) 3nd Chief Engginner, Fanny Nur Fadillah (20) Juru Mudi, Wirawan Setyo Pambudi (26) Juru Masak, Iqvan ringan f Operasional Kantor (perwakilan owner)

Sementara itu empat lainya selamat dengan mengalami luka bakar yakni Garry Armando Kaketing (35) Chief Officer , Ibnu Kholiq Annawawi (23) 2nd Chief Officer, Riza Fahmi (30) oiler, dan Jawwaruddin (50). “Seluruh korban yang mengalami luka bakar dirujuk ke Puskesmas Sepaku,” jelas Kasi OPS Basarnas Kaltim Basri, Minggu (24/7/2022) dini hari.

Sementara itu untuk korban yang masih dalam pencarian yakni Eroll Samallo (60) Mekanik Operasional Kantor. “Tim SAR Gabungan melaksanakan Debriefing dengan hasil nihil, pencarian akan dilanjutkan pagi hari,” tambahnya.

Lebih lanjut dia menerangkan kronologis kejadian yang dihimpun dari agen kapal bahwa kapal itu rupanya berasal dari Madura, Jawa Timur dan berlabuh di perairan Anak Sungai Semoi atau Sungai Sigren tepat di samping tongkang Sea Dragon 2712 untuk menunggu antrian bongkar muat batu bara di Pelabuhan Semoi Prima Lestari (SPL) yang rencana setelah muat akan berlanjut ke Muara Berau.

“Kapal Tugboat berlabuh sejak Rabu, 20 Juli 2022 pukul 20.00 Wita, kemudian (23/7/2022) sekitar pukul 16.00 Wita dilaksanakan pengelasn bagian buritan kapal oleh mekanik dari kantor beserta satu orang perwakilan owner,” jelasnya.

Namun setengah jam kemudian ledakan pun terjadi dari bagian tengah kapal dan mengakibatkan kapal itu terbakar hingga tenggelam di anak sungai Semoi. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top