pegadaian
Corak

Touring XMax Connected Jajal Rute Kaltim, Nikmati Kekayaan Hutan Alam Bukit Bangkirai

pegadaian
hut-bpn

KOTAKU, BALIKPAPAN-Rangkaian touring motor Yamaha XMax Connected bertajuk Navigate to The Max akhirnya sampai di Tanah Borneo.

Sukses lebih dulu menjajal wilayah Pulau Sumatera, Sabang, Aceh, Lampung, dan Sulawesi Selatan, touring kali ini menjelajah Kalimantan akan dimulai melalui rute dari Balikpapan.

apbmi

Rangkaian acara Navigate to The Max di Kalimantan dihelat lebih dulu oleh Yamaha STSJ di kantor Sentral di kawasan Markoni Balikpapan, Jumat (15/9/2023) pagi.

Sepuluh unit motor XMax yang digunakan dalam touring sebelumnya kembali dijajal.

Motor ini seterusnya akan digunakan secara estafet menjelajah wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat.

Di Kaltim sepuluh motor ini ditunggangi lima awak media nasional dari Jakarta, empat ditunggangi konten kreator Balikpapan, dan satu media online Balikpapan.

Rute touring di Kaltim cukup mengesankan. Dari Sentral Yamaha Markoni menuju kawasan hutan alam khas Kalimantan di Bukit Bangkirai Samboja, Kukar.

General Manager Sales & Marketing Yamaha STSJ Harry usai melepas bendera Start peserta, mengatakan, touring ini merupakan etape kelima setelah dari Pulau Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

Selain mengenalkan kehandalan motor terbaru XMax Connected, Yamaha ingin mengajak peserta touring menikmati keindahan alam yang ada di Kalimantan.

“Selamat datang buat para rider di Kalimantan. Semoga semua peserta bisa menikmati alam di Kalimantan dan tidak lupa mencicipi kuliner-kuliner khas Kalimantan,” ujar Harry.

Start dari Sentral Yamaha PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) di kawasan Markoni pukul 09.30 wita, peserta touring melintasi Jalan Stalkuda mengarah ke kawasan Sepinggan, Jalan Marsma Iswahyudi, Mapolda Kaltim, Grand City, lalu menuju Bukit Bengkirai.

Rombongan dikawal Ditlantas PJR Polda Kaltim dan sweeper dari komunitas Wirabuana Balikpapan dan Joker Balikpapan Max Club.

Sepanjang perjalanan, tarikan mesin 250 cc XMax Connected begitu besar dan spontan.

Motor tetap stabil meski diajak jalan tikungan dan trek lurus dengan kecepatan di atas 90 Km per jam.

Badan rider berasa duduk dan dimanjakan di atas jok motor. Pengereman dengan sistem ABS semakin memudahkan pengendara ketika mengendalikan laju motor.

Kondisi jalur menuju Bukit Bangkirai beraspal mulus dan punya banyak tikungan dinilai sangat memfasilitasi para peserta.

Para rider touring tak mau melewatkan kesempatan mengeksplorasi posisi riding, handling, dan kestabilan kaki-kaki XMAX Connected.

Seperti diungkapkan Galih dari media online MotorPlus dan Brian dari media online UZone. Dua orang dari lima media nasional dari Jakarta yang diajak Yamaha STSJ untuk mengeksplor jelajah XMax Connected di Kalimantan.

“Perjalanannya seru banget ya. Menantang dengan view hutan khas Kalimantan yang indah dan masih natural. Mulai dari aspal mulus sampai jalanan berbatu-berbatu menuju Bukit Bangkirai mampu dilibas motor XMax.

Itu semua sudah mewakili performa motor XMax,” kata Brian, diamini Galih.

Menurut Brian, etape jelajah Kalimantan ini telah menguji ketangguhan, kenyamanan, dan performa mesin motor berkapasitas mesin 250 cc tersebut.

“Tarikan mesinnya tuh enteng banget. Jalur tanjakan maupun saat mau menyelip kendaraan roda empat, tarikan XMax langsung spontan.

Langsung narik begitu cepat sehingga aman tanpa jeda dan tidak berat,” kata Brian.

Galih dari Motorplus Online juga menambahkan, motor XMax Connected punya ketangguhan lain untuk suspensi dan fitur canggih yang belum dimiliki motor lain di Indonesia.

Fitur itu adalah sistem navigasi yang bisa membantu pengendara ke tempat yang hendak dituju.

Tak hanya touring, jelajah XMax Connected di Kaltim juga mengajak peserta bersantai menikmati hutan alam di Bukit Bangkirai, Samboja, Kukar.

Peserta menguji adrenaline menaiki Canopy Bridge sepanjang 64 meter yang dihubungkan dari satu pohon ke lima pohon lainny.

Dari Canopy Bridge bisa melihat hutan alam khas Kalimantan dari ketinggian lebih dari 30 meter.

Bukit Bangkirai merupakan sebuah kawasan wisata yang memiliki hutan tropis dengan beberapa habitat hewan yang dilindungi.

Lokasi wisata alam yang satu ini diberi nama Bukit Bangkirai karena di kawasan tersebut banyak tumbuh pohon bangkirai yang memiliki tinggi hampir mencapai 50 meter.

Diperkirakan usia pohon bangkirai tersebut mencapai 150 tahun. Inilah yang membuat tampak berbeda dengan pohon-pohon yang ada di sekitarnya.

Puas berwisata di Bukit Bangkirai, rombongan kemudian santai dan santap siang di Rumah Makan Tahu Sumedang Kilometer 50 Balikpapan-Samarinda dan finis di Hotel Platinum Balikpapan.

Seluruh peserta mengaku terkesan dengan touring kali ini.

Setelah dari Balikpapan, selanjutnya sepuluh rider dan motor ini akan touring ke Banjarmasin, Sabtu (16/9/2023) pagi.

Sampai di Banjarmasin, motor ini akan disambut riders yang sudah disiapkan Yamaha Banjarmasin. Kemudian finis terakhir di Pontianak Kalimantan Barat sekaligus gelaran acara Maxi Day 2023. (*)

Print Friendly, PDF & Email
To Top