
KOTAKU, BALIKPAPAN-Sebagai pemasok air baku, Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) atau PDAM tentu memiliki tanggung terhadap ketersediaan air kepada masyarakat
Namun tak hanya bagi PTMB, masyarakat tentunya juga memiliki tanggung jawab terhadap pemakaian air.
Seperti yang dijelaskan Kepala Sub Bagian Customer Service Suryo Hadi Prabowo terkait batasan tanggung jawab PTMB dan pelanggan.
“Yang perlu diketahui adalah aksesoris yang ada di tiap meteran hingga sampai stop keran yang berwarna merah itu adalah ranah dari Tirta Manuntung,” sebutnya dalam sebuah kesempatan, Senin (5/12/2022).
Kemudian, setelah stop keran berwarna merah menuju pipa-pipa dan keran yang ada dalam rumah merupakan tanggung jawab pelanggan.
“Artinya ketika air yang keluar setelah meteran yang menuju keran-keran dalam rumah karena akibat pemakaian yang berlebihan, adanya kebocoran,” ujarnya.
Kemudian adanya kelalaian akibat lupa menutup keran dalam rumah air yang keluar adalah tanggung jawab pelanggan.
Oleh sebab itu, pria yang kerap disapa Kang Suryo itu meminta agar pelanggan bijak dalam menggunakan air.
“Rajin memeriksa penggunaan air dengan melihat rubikasi yang ada di tiap meteran milik pelanggan,” tutupnya. (*)
