Kaltim

Karhutla Kerap Terjadi, Kapolres Kerahkan Personil Patroli Tiap Hari

PEMADAMAN: Petugas BPBD Kota Balikpapan dan relawan melakukan pemadaman terhadap lahan yang terbakar beberapa waktu lalu. (ccd/kotaku)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kemarau panjang yang melanda Kota Balikpapan, menjadi salah satu pemicu kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hampir setiap hari karhutla terjadi di beberapa titik di kota Beriman. Berdasarkan data yang dirangkum kotaku.co.id, sepanjang bulan September 2019 saka, sudah ada lima titik lahan yang terbakar. 

Sementara untuk bulan Agusutus 2019, dari laman media sosial BPBD Kota Balikpapan, setidaknya sudah ada 24 titik lokasi karhutla yang mereka tangani. Adapun wilayah yang mendominasi, yakni Kecamatan Balikpapan Selatan, Balikpapan Utara.

Sedangkan penyebab kebakaran, ditengari adanya pembukaan lahan baru yang dilakukan oknum tertentu dengan cara membakar. Meskipun kebakaran lahan belum pernah merambat ke pemukiman warga, setidaknya kejadian itu dapat memicu polusi udara di seputaran lokasi kebakaran. 

Untuk menekan angka karhutla, Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta sendiri mengaku, sudah memerintahkan anggotanya untuk melakukan patroli rutin tiap hari dengan instansi terkait. Kemudian melalui Polsek dan Bhabinkamtinmas, memerintahkan agar tiap hari memberikan imbauan kepada warga, serta memasang spanduk berisi larangan membuka lahan dengan cara membakar. 

“Diwajibkan polsek dan bhabinkamtibmas untuk berikan imbauan dan peringatan kepada warga agar tidak membakar lahan untuk keperluan apapun. Setiap hari. Di beberapa titik juga sudah dipasang spanduk-spanduk yang berisi imbauan karhutala,” ujarnya kepada wartawan beberapa waktu lalu. 

Selain itu, Wiwin juga sudah memerintahkan para Kapolsek agar merangkul semua isntansi terkait, agar melakukan apel gabungan dan patroli bersama di wilayah lahan yang kerap terjadi kebakaran. Serta mencanangkan akan segera menyiapkan posko gabungan yang standbay 24 jam untuk mengantisipasi karhutka. (ccd) 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top