Peristiwa

Selama Seminggu, Sembilan Karhutla Terjadi di Balikpapan

KARHUTLA: Petugas BPBD Kota Balikpapan melakukan pemadaman karhutla di Jalan Mukmin Faisyal temubasan TPA Manggar RT 15 Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, beberapa waktu lalu. (kotaku.co.id/ist)

BALIKPAPAN-Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Kota Balikpapan. Pada Minggu (8/9/2019), karhutla terjadi di tiga lokasi yang berbeda. Pertama di Jalan Loumuku Kelurahan Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan. Kemudian titik kedua berada di Jalan Projakal, Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara. Dan terakhir kebakaran lahan di Jalan Al-Makmur RT 32 Kelurahan Damai, Balikpapan Kota. 

“Kemarin ada tiga lokasi kebakaran lahan. Siangnya di dua lokasi di Kelurahan Sepinggan Raya dan Kelurahan Graha Indah. Malamnya lahan di seputaran Kelurahan Damai,” ujar Iwan salah satu petugas BPBD Kota Balikpapan kepada media ini. 

Ditambahkannya, setelah mendapat informasi karhutla, petugas langsung mendatangi lokasi untuk melakukan pendinginan. Dan tidak berapa lama, kobaran api akhirnya bisa diantisipasi di ketiga lokasi. Atas kebakaran lahan yang ketiga itu, maka dalam seminggu sejak bulan September 2019, karhutla sudah terjadi sebanyak lima kali. 

Data yang dihimpun dari BPBD Kota Balikpapan, lima lokasi sebelumya yang terbakar, yakni kebakaran lahan di Jalan Mukmin Faisyal temubasa TPA Manggar RT 15 Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, Kamis (5/9) lalu. Luas lahan terbakar kurang lebih 3 hektar. Kemudian kebakaran lahan di Jalan Baru Lemuku RT 57 Sepinggan Baru, Balikpapan Selatan, Rabu (4/9) lalu. Luas lahan terbakar kurang lebih 100 m2.

Kemudian kebakaran lahan di kawasan Perumahan Melati, Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan, Selasa (3/9) lalu. Luas lahan yang terbakar kurang lebih 300 m2. Selanjutnya kebakaran lahan di Jalan Soekarno-Hatta Km 13 Teluk Lerong RT 09 Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat, Senin (2/9) lalu. Luas lahan yang terbakar mencapai 1 hektar. 

Terakhir kebakaran lahan di Jalan Soekarno-Hatta Km 13 dekat bundaran jalan tol Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Senin (2/9) lalu. Luas lahan terbakar kurang lebih 200 m2.(CCD) 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top