Corak

Antisipasi Asap Ganggu Kesehatan, BPBD Bagikan Masker ke Pengendara

BERBAGI: Petugas BPBD Kota Balikpapan membagikan masker kepada pengguna jalan di beberapa lokasi di Kota Balikpapan, Rabu (11/9/2019). (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pasca kabut asap yang melanda Kota Balikpapan sejak kemarin, pagi ini, Rabu (11/9/2019) masih tampak sedikit asap menyelimuti langit kota. Atas kejadian itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Daerah (BPBD) Kota Balikpapan pun berinisiatif membagikan masker kepada pengguna jalan. 

Pantauan kotaku.co.id di lapangan, setidaknya ada tiga titik di mana petugas membagikan masker. Ada di Jalan Sudirman tepat di depan Plaza Balikpapan, kemudian di Jalan MT. Haryono, Balikpapan Baru, dan di persimpangan Dome di Jalan Ruhui Rahayu, Kota Balikpapan.

Sebelumnya, Kepala BPBD Kota Balikpapan, Suseno mengatakan, kabut asap yang melanda Kota Beriman, bukan berasal dari kebakaran hutan dan lahan. Tapi melainkan berasal dari kiriman daerah tetangga. 

Pernyataan itu disampaikan berdasarkan data dari pihak BMKG yang memantau banyak titik hotspot di kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kabupaten Paser dan Banjarmasin. Sementara di Kota Balikpapan sendiri, tidak ada titik hotspot yang terpantau. 

“Kejadian kabut asap ini baru pertama kali sepanjang tahun 2019 dan ini merupakan kiriman dari daerah lain,” ujar Suseno. 

Atas kejadian itu, untuk mengantisipasi asap mengganggu kesehatan masyarakat, pihak BPBD pun berencana membagikan sekira 3000 masker kepada warga. Masker tersebut diperoleh mereka, merupakan bantuan dari beberapa rumah sakit maupun swasta dan instansi lainnya. (CCD) 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top